10 Aplikasi Edit Video Android Gratis untuk YouTuber Pemula

Menjadi seorang YouTuber pasti tak pernah ada dalam pikiran banyak orang di dunia pada 10 tahun lalu. Namun, kini menjadi YouTuber ternyata menjanjikan banyak hal. Tak cuma uang berlimpah, tapi juga ketenaran bak selebritis.

Tentu saja, hal itu berlaku bagi mereka yang telah meraih sukses sebagai YouTuber. Nah, untuk bisa menjadi YouTuber sukses Anda harus paham cara mengedit dan mengolah video hasil rekaman.

Mengapa? Supaya video hasil karya Anda disukai banyak orang sehingga jumlah view, subscriber, dan penghasilan pun meningkat.

Kabar baiknya, ada sejumlah aplikasi edit video Android yang cocok bagi YouTuber pemula. Dengan demikian, Anda bisa belajar dengan mudah tanpa mengalami kebingungan atau mengeluarkan banyak uang untuk membeli peralatan mengedit video di PC atau laptop.

Apa saja aplikasi tersebut? Berikut 10 aplikasi edit video Android yang bisa Anda coba sekarang juga.

1. Adobe Premier Clip

Adobe Premier Clip

Nama Adobe tentu sudah banyak dikenal sebagai pembuat program komputer andal. Untuk Adobe Premier Clip memang tak sehebat versi dekstop. Tapi setidaknya sudah mencukupi untuk mengedit video hasil karya Anda.

Fitur yang disediakan cukup komplet. Dari mulai menggabungkan sejumlah foto menjadi video. Hingga menambahan efek dan musik untuk menambah menarik video Anda.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan registrasi di Adobe ID. Setelah terdaftar Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan Adobe Premiere Pro jika kebetulan butuh sentuhan yang lebih profesional. Di aplikasi ini Anda juga bisa melihat hasil video sesama pengguna untuk dijadikan bahan referensi.

2. VivaVideo

VivaVideo - aplikasi edit video Android

Aplikasi edit video Android berikutnya adalah VivaVideo. Aplikasi ini menggabungkan video kamera dan video editing sekaligus. Jadi Anda bisa mengedit video yang sudah ada atau membuat video yang baru dan kemudian mengolahnya menjadi lebih indah.

Untuk video kamera dilengkapi fitur capture modes. Pilihannya antara lain basic, selfie, slow motion, fast motion, music video, collage, dan FX. Untuk video editing disediakan fitur photo slideshow maker hingga video collage maker.

Aplikasi buatan QuVideo Inc ini memiliki lebih dari 200 spesial efek. Ditambah dengan stiker, filter, teks, dan transisi yang menarik. Sayangnya, aplikasi ini akan selalu menyertakan watermark dalam setiap video yang telah Anda edit.

3. FilmoraGo

FilmoraGo

Aplikasi edit video yang satu ini termasuk mudah untuk digunakan para YouTuber pemula. Anda cukup memilih video dari ponsel Android kemudian bawa ke layar pengeditan. Tersedia banyak efek dan transisi yang menarik di aplikasi ini.

Salah satu keunggulan dari FilmoraGo adalah fitur picture in picture. Fitur ini memungkinkan Anda menambah foto atau video dalam video utama. Sehingga video yang dihasilkan bisa lebih kaya dengan variasi.

Menariknya, aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna ini tidak memasang watermark dalam setiap video yang kita edit. Selain itu, juga tak ada batasan durasi video. So, Anda bisa leluasa mengunggah video buatan Anda di YouTube.

4. KineMaster

KineMaster

Fitur yang dimiliki aplikasi KineMaster termasuk lengkap. Anda bisa leluasa menambah gambar, teks, video, hingga menambah filter dan efek lainnya. Storyboard di aplikasi ini termasuk canggih tapi pengunaannya tetap simpel.

Diproduksi oleh NexStreaming Corp, KineMaster cocok bagi pemula hingga level profesional. Terutama karena sudah menggunakan sistem drag and drop yang memudahkan Anda dalam mengimpor file yang dibutuhkan.

Aplikasi ini menyediakan banyak tema, efek, hingga musik pendukung yang menarik. Namun, agar bisa maksimal memanfaatkan fitur di aplikasi ini, sebaiknya ponsel Android Anda sudah menggunakan versi terbaru. Setidaknya, Android 4.1.2 JellyBean.

5. Videoshop

Videoshop

Sebuah aplikasi edit video Android yang menarik digunakan adalah yang mampu memberikan kesan personal dari setiap video yang diedit. Jika itu yang Anda butuhkan, Anda bisa mencoba aplikasi Videoshop.

Aplikasi ini bisa menambahkan lagu yang disukai dari memory card di dalam ponsel. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur efek suara yang unik. Seperti suara binatang, orang tertawa, bahkan suara kentut.

Jangan lupa untuk menggunakan fitur slow motion dan fast motion di aplikasi ini. Sehingga video yang Anda edit bakal semakin menarik perhatian dan menambah jumlah subsriber.

6. VidTrim

Aplikasi VidTrim

Aplikasi buatan Goseet ini menyediakan berbagai fitur yang sedikit berbeda dari aplikasi edit video pada umumnya. VidTrim memiliki fitur video trimming, video conversion, frame grabbing, dan sejumlah fitur menarik lainnya yang patut Anda coba.

VidTrim merupakan salah satu pilihan tepat bagi Anda yang sering menggunggah video melalui media sosial, khususnya YouTube. Ada fasilitas transcoder yang bisa membantu Anda mengubah resolusi video sesuai dengan yang Anda inginkan atau butuhkan.

Saat video sudah siap tayang, Anda pun hanya tinggal menekan tombol saja untuk mengunggah hasil karya Anda ke Youtube atau media sosial lainnya. Mudah dan praktis.

7. AndroVid

AndroVid

Dilengkapi sejumlah fitur canggih, AndroVid juga bisa menjadi andalan Anda yang tengah merintis karier sebagai YouTuber. Fitur canggih seperti trimming, splitting, merging, hingga transcoding bisa Anda dapatkan di aplikasi ini.

Semuanya sangat membantu untuk menghasilkan video yang keren untuk diunggah di YouTube. Baca juga: 12 Fakta Menarik Tentang YouTube yang Mungkin Belum Anda Ketahui.

Tak hanya itu, AndroVid juga menyediakan fasilitas untuk menambahkan teks, lagu, hingga efek yang pasti akan bikin video Anda makin menarik. Jumlah efek yang disedikan cukup banyak. Mulai dari fade in, swapping, hingga slow motion.

Anda tinggal menggunakan semua fitur yang tersedia sesuai kebutuhan. Jangan ragu untuk melakukan berbagai eksperimen. Dengan demikian, Anda semakin paham kelebihan dan kekurangan dari setiap efek yang disediakan aplikasi ini.

8. Quick

Aplikasi Quick

Sesuai namanya, Quick merupakan aplikasi edit video Android yang sangat simpel dan tanpa ribet. Cukup pilih video yang akan diedit, sisanya biarkan Quick yang menyelesaikannya.

Untuk menyisipkan transisi atau efek cantik, Anda hanya butuh waktu beberapa detik. Bahkan Anda bisa menambahkan puluhan foto dan video kemudian Quick secara otomatis akan mengolahnya menjadi sebuah video pendek.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta orang ini juga tetap memberikan kesempatan bagi Anda untuk menambahkan pemanis dalam video. Seperti menambahkan musik, teks, dan lebih dari 20 filter yang bisa Anda coba untuk membuat video semakin menarik.

9. Magisto

Magisto

Satu lagi apliksi edit video yang cocok bagi para YouTuber pemula. Magisto sangat mudah digunakan dan tak akan memakan waktu lama untuk menyelesaikannya.

Anda cukup memilih video atau foto, tentukan musik dan teks pendukung, dan voila, video Anda sudah siap tayang.

Meski simpel, Magisto tetap dilengkapi banyak fitur menarik. Sebut saja sisem pengenalan wajah, transisi, stabilisasi video otomatis, dan sejumlah fitur menarik lainnya.

Setelah selesai, Anda tidak perlu ribet untuk mengunggahnya ke media sosial. Anda bisa segera membagikan video ke berbagai media sosial dengan mudah dan cepat.

10. Glitch

Aplikasi Glitch

Terakhir, ada Glitch sebagai aplikasi edit video yang bisa dicoba melalui ponsel Andorid milik Anda. Ingat, gunakan ponsel Android milik sendiri jangan milik orang lain ya.

Sejumlah efek unik yang disediakan Glitch patut Anda coba. Efek-efek yang disediakan sebagian besar merupakan efek yang memang tengah digemari saat ini. Di antaranya adalah efek seperti televisi rusak.

Satu  hal yang tak kalah penting adalah tidak ada watermark di aplikasi ini.  Jadi Anda akan lebih bebas membagikan video melaui berbagai media sosial termasuk YouTube.

Penutup

Sepuluh aplikasi edit video Android di atas hanya sebagian kecil dari sekian banyak aplikasi yang sama yang tersedia di Google Play. Masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda manfaatkan dalam mendukung upaya menjadi seorang YouTuber terkenal.

Namun, ada baiknya Anda memulai dari fitur-fitur yang sederhana dan mudah. Seperti 10 aplikasi yang telah kami uraikan di atas. Setelah Anda paham dengan fitur baku yang ada dalam aplikasi video, bolehlah mulai mencari aplikasi yang berlevel pro.

Loading...

Artikel Terkait: