9 Cara Sederhana Merawat Kamera DSLR Anda

Salah satu cara mengabadikan momen-momen penting kehidupan adalah dengan menggunakan kamera. Saat ini, sudah banyak sekali jenis kamera yang dijual.

Mulai dari kamera Go-Pro hingga kamera DSLR yang banyak diminati para pecinta fotografi. Kamera DSLR memang terlihat sangat keren saat digunakan untuk memotret.

Hasil jepretannya pun tidak pernah mengecewakan, apalagi jika kamera terjaga dengan baik berkat perawatan yang dilakukan.

Jika saat ini Anda memiliki kamera DSLR dan tidak tahu cara merawatnya, jangan khawatir. Berikut 9 cara merawat kamera DSLR yang dapat Anda coba.

1. Hindari Air dan Kelembapan

Air adalah musuh utama bagi alat elektronik, termasuk kamera DSLR. Bahkan untuk kamera yang dilabeli waterproof, kontak dengan air pun perlu dibatasi agar kamera tidak cepat rusak.

Lebih bahaya lagi air yang terdapat dalam bentuk uap, terutama jika kamera DSLR digunakan di tempat yang kelembapannya tinggi.

Kelembapan tinggi berarti udara mengandung sangat banyak uap air yang dapat masuk ke bagian internal kamera dan menyebabkan berbagai kerusakan atau bahkan tumbuhnya jamur di dalam kamera.

Oleh karena itu, usahakan agar selalu membawa tempat kamera sehingga jika sudah tidak digunakan, Anda dapat meletakkannya di dalam tas kamera untuk menghindari terpaparnya uap air ke dalam kamera.

2. Rawat Baterai Kamera dengan Tepat

Kamera DSLR menggunakan baterai litium yang bisa terus-menerus diisi ulang, namun dengan jumlah yang terbatas. Setelah dilakukan recharge selama kurang lebih 500 kali, biasanya baterai tersebut akan semakin menurun kemampuan menyimpan dayanya.

Tak mengherankan, pada kebanyakan kamera yang sudah lama, baterai akan sangat cepat habis walaupun foto yang diambil belum begitu banyak.

Jika baterai sudah mulai bermasalah, Anda sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. Selain itu, untuk menjaga keawetan baterai, jangan menyimpan kamera atau baterai di tempat yang panasnya melebihi 43oC, karena dapat menyebabkan kerusakan dalam internal baterai.

3. Bersihkan Lensa Kamera DSLR

Merawat kamera DSLR

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat kamera DSLR adalah perlakuan terhadap lensa sehingga selalu terlihat jernih dan menghasilkan foto yang jernih pula.

Untuk membersihkan lensa, selalu gunakan cairan pembersih khusus lensa, jangan meggunakan air biasa yang bisa jadi mengandung mineral yang bisa merusak lensa.

Jangan pula menyemprotkan langsung cairan pembersih ke permukaan lensa, sebaiknya semprotkan ke lap mikrofiber khusus sebelum menyeka lensa kamera DSLR dengan lap khusus tersebut.

Kesalahan lainnya yang sering orang lakukan adalah memegang lensa dengan jari tangan. Padahal jari tangan mengandung minyak yang bisa membuat kejernihan lensa berkurang.

Terakhir, selalu gunakan tutup lensa ketika sedang tidak digunakan untuk menghindari  debu menempel pada bagian luar lensa dan membuat gambar menjadi buram.

4. Hindari Sinar Matahari Langsung

Kamera DSLR sudah didesain ketahanannya terhadap rentang suhu tertentu. Agar kamera awet hingga waktu yang lama, usahakan hindari meletakkan kamera di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Di dalam kamera DSLR terdapat lapisan yang menjaga agar debu dan uap air tidak langsung masuk ke dalam internal kamera.

Jika kamera diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung (di dalam mobil siang hari atau dibiarkan di tempat terbuka), maka sinar matahari dapat merusak lapisan tersebut.

Selain itu, jika terus menerus terkena sinar UV, lapisan cat kamera akan mudah pudar dan warnanya tidak lagi mulus.

Oleh karena itu, jika Anda berencana melakukan pemotretan di outdoor, selalu bawa tas kamera untuk ‘mendinginkan’ kamera setelah dipakai beberapa saat.

5. Jauhkan Kamera Anda dari Garam

Banyak sekali fotografer yang mendapat proyek untuk memotret di pinggir pantai, padahal kondisi lingkungan pantai bisa jadi berbahaya untuk kamera DSLR karena mengandung garam yang tinggi.

Garam bisa merusak berbagai komponen logam di dalam kamera dengan membuatnya cepat korosi. Apalagi dengan konsentrasi tinggi seperti halnya garam pada air laut.

Setelah melakukan pemotretan di sekitar tempat dengan kadar garam tinggi, lap kamera DSLR Anda sebelum menyimpannya kembali sehingga garam tidak masuk.

6. Rawat Tombol Kamera DSLR

Kamera DSLR memiliki berbagai tombol yang dapat digunakan untuk mendukung fiturnya. Ini antara lain tombol untuk mematikan dan menyalakan kamera, tombol untuk mengatur zoom, dan tombol ISO.

Untuk menjaga agar tombol pada kamera DSLR tetap berfungsi dengan baik walaupun kamera sudah cukup lama, selalu perlakukan tombol tersebut dengan halus dan jangan pernah menekannya dengan tenaga penuh.

Jika tombol putar pada kamera DSLR terasa macet, sebaiknya jangan dipaksakan untuk terus diputar, dan cobalah bawa ke tempat servis terdekat agar kerusakan tidak bertambah parah.

7. Gunakan Tali Kamera

Saat sedang asyik-asyiknya memotret, tentu Anda tidak ingin tanpa sengaja menjatuhkan kamera. Oleh karenanya, selalu pasangkan tali kamera dan kalungkan ke leher Anda, sehingga jika terjadi hal yang membuat kamera terlepas dari tangan Anda.

Biasanya setiap pembelian kamera DSLR sudah dilengkapi dengan tali kamera berwarna hitam. Jika Anda kurang suka memakainya, tali kamera bisa dibeli secara terpisah dan disesuaikan dengan keinginan pribadi.

8. Matikan Sebelum Membongkar

Kamera DSLR terdiri atas komponen-komponen yang bisa dilepas dan dipasang manual, seperti baterai dan memory card di dalamnya.

Pastikan sebelum melepas komponen-komponen tersebut, Anda mematikan terlebih dahulu kamera sehingga sistem di dalam kamera tidak cepat rusak akibat aliran listrik yang tiba-tiba berhenti.

9. Gunakan Tas Kamera

Saat membawa kamera DSLR untuk bepergian, jangan lupa untuk mempersiapkan tas kamera yang bisa menampung seluruh komponen kamera, termasuk lensa dan tripod.

Tas kamera sudah didesain khusus sehingga ketahanannya tinggi untuk mencegah kamera terbentur-bentur selama perjalanan. Usahakan tidak menggunakan sembarang tas untuk menyimpan kamera Anda saat bepergian.

Untuk memilih tas kamera yang sempurna, perhatikan material yang digunakan. Semakin ringan dan kuat tas, biasanya semakin baik kualitasnya. Apalagi jika material yang digunakan tahan terhadap air.

Perhatikan pula proteksi di dalam tas kamera apakah benar-benar mampu menjaga kamera dari berbagai benturan. Kapasitas tas kamera juga perlu ditinjau sehingga semua perlengkapan kamera bisa masuk ke dalamnya.

Penutup

Demikianlah 9 cara sederhana merawat kamera DSLR yang Anda miliki. Tidak sulit, bukan?

Dengan perawatan sederhana tersebut, kamera DSLR dapat tahan bertahun-tahun tanpa kerusakan yang parah. Jadi, rawatlah kamera Anda dari sekarang sebelum menyesal kemudian.

Loading...

Artikel Terkait: