9 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Belakangan ini Anda tengah dilanda kegalauan karena laptop sering bermasalah? Bisa jadi ada cara yang salah dalam menggunakan laptop yang tidak Anda sadari.

Termasuk juga kesalahan saat merawat laptop. Mungkin saja selama ini Anda ternyata sudah menggunakan laptop tidak sesuai kemampuannya.

Sebagai sebuah alat yang membantu pekerjaan maupun tugas Anda, sudah selayaknya laptop mendapat perawatan yang bagus. Merawat laptop sebenarnya tidak terlalu sulit, jika Anda tahu cara yang benar.

Untuk itu silakan baca cara merawat laptop agar tidak cepat rusak berikut ini.

1. Tidak Menyalakan Laptop di Atas Kasur

Coba ingat-ingat, apakah Anda  sering menggunakan laptop di atas kasur atau bantal? Jika iya, maka jangan salahkan jika laptop menjadi cepat rusak.

Meletakkan laptop di atas permukaan yang empuk hanya akan membuat sirkulasi udara di bagian bawah laptop menjadi terhambat.

Saat udara pembuangan yang panas tertahan oleh kasur atau bantal, udara justru akan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya, laptop pun menjadi lebih cepat panas.

Loading...

Ketika komponen di dalam mengalami overheat, maka kerusakan laptop hanya tinggal menunggu waktu saja. Akan lebih baik meletakkan laptop di atas permukaan yang rata dan sehingga sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar.

2. Beri Waktu Laptop untuk Istirahat

Meski sebuah alat, bukan berarti Anda bisa menggunakan laptop secara terus menerus. Ini bukanlah cara merawat laptop yang baik.

Ilustrasi cara merawat laptop

Laptop juga perlu beristirahat untuk mendinginkan komponen di dalamnya. Laptop bukanlah komputer meja yang bisa digunakan selama 24 jam tanpa henti.

Pasalnya, komponen di dalam laptop memang didesain tidak untuk bekerja dalam waktu yang panjang dan nonstop. Ketika sudah menggunakan laptop selama 3-4 jam, usahakan beri waktu istirahat selama 15-20 menit.

Anda saja yang memakainya perlu istirahat, begitu pula dengan laptop bukan?

3. Tidak Menaruh Minuman di Dekat Laptop

Saat bekerja, tubuh kita memang harus tetap diisi cairan dan makanan. Sehingga bisa menjaga fokus hingga pekerjaan selesai.

Tapi, membawa gelas minuman ke dekat laptop sama halnya dengan mengundang bahaya bagi laptop. Ketika tidak sengaja tangan menyenggol gelas dan isinya tumpah ke atas laptop, maka Anda hanya bisa menjerit kaget dan laptop pun rusak.

Karena itu, meski harus tetap minum saat bekerja, usahakan meletakkan gelas dengan jarak yang agak jauh dari laptop. Setidaknya sekitar satu langkah dari laptop.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya insiden tumpahnya air ke atas laptop. Ketika air masuk ke dalam komponen yang dialiri listrik, maka akan terjadi hubungan arus pendek yang bisa merusak komponen laptop.

4. Tetap Rutin Dicharge Meski Jarang Dipakai

Ada kalanya Anda tidak menggunakan laptop selama beberapa minggu. Meski tidak digunakan untuk beberapa lama, jangan sampai lupa untuk mengisi baterai. Ini merupakan salah satu cara merawat laptop, terutama agar baterai tidak cepat rusak.

Karena baterai yang terpasang pada laptop akan berkurang kapasitasnya meski tidak digunakan. Karena itu ada baiknya, baterai dilepas jika memang tidak akan menggunakan laptop dalam waktu yang lama.

Dengan rutin mengisi ulang baterai laptop juga akan mencegah kondisi laptop menjadi lembap. Hawa hangat yang muncul ketika baterai laptop dicharge bisa menghalau datangnya jamur.

Maka itu, rutin mengisi ulang baterai sekitar 2-3 minggu sekali saat laptop jarang digunakan.

5. Jangan Langsung Menutup LCD

Ketika Anda selesai bekerja dan telah mematikan laptop, umumnya akan langsung menutup layar LCD. Hal ini sebenarnya merupakan kebiasaan yang keliru.

Ketika Anda menutup LCD ketika laptop baru saja dimatikan, hawa panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD. Ini bisa berakibat buruk bagi layar LCD.

Biarkan laptop selama beberapa menit setelah dimatikan, ketika suhu sudah lebih dingin baru ditutup.

Pengecualian jika Anda bekerja di ruangan ber-AC, kondisi suhu ruangan yang dingin akan membuat laptop menjadi tidak terlalu panas. Setelah laptop dimatikan dalam tempo 1 menit layar LCD sudah bisa ditutup.

6. Matikan Laptop Sesuai Ketentuan

Mematikan laptop sesuai aturan yang berlaku merupakan cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Jangan pernah mematikan laptop dengan menekan tombol power.

Ada aturan mematikan laptop dengan mengklik tombol power lalu klik shutdown. Laptop pun akan dimatikan secara perlahan oleh sistem.

Ketika Anda mencoba mematikan laptop tanpa mengikuti aturan tersebut, maka akan mempercepat timbulnya kerusakan pada motherboard dan prosesor.

Jika hal ini sampai terjadi, Anda akan mengeluarkan uang cukup banyak untuk memperbaiki laptop.

7. Tidak Meletakkan Benda Berat di Atas Laptop

Bentuk laptop saat tertutup memang mirip meja. Bentuk yang mengundang siapa pun untuk menaruh benda di atasnya.

Padahal ini adalah sebuah tindakan buruk yang bisa merusak laptop. Apalagi jika benda yang diletakkan di atas laptop punya beban yang jauh lebih berat.

Ketika laptop ditekan oleh benda yang sangat berat, hal ini akan berakibat fatal pada kondisi LCD. Karena LCD ini tidak boleh mengalami tekanan.

Karena itu selalu letakkan laptop di atas benda-benda yang lain. Jangan pernah menjadikan laptop sebagai tatakan atau tempat menaruh barang, meski hanya menaruh sebuah buku sekalipun.

8. Jangan Menunggu Baterai Sampai Kosong

Ketika menggunakan laptop jangan sampai keasyikan hingga baterainya benar-benar kosong atau habis. Segera charge baterai laptop sebelum menunjukkan angka 0 %.

Sering membiarkan baterai sampai benar-benar habis hanya akan mempercepat umur dari baterai itu sendiri.

Karena itu cara merawat laptop yang baik adalah selalu melihat kondisi baterai dan mengisi ulang sebelum habis. Kemudian charge baterai sampai penuh dan jangan biarkan tetap dicharge saat kondisi baterai sudah penuh.

Atur laptop memberikan peringatan ketika kondisi baterai sudah mulai habis. Biasanya peringatan muncul ketika baterai tinggal 10-15 persen. Hal ini akan membantu mengingatkan Anda untuk segera mengisi ulang baterai.

9. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Laptop yang terawat adalah laptop yang rutin dibersihkan. Lakukan pembersihan laptop minimal seminggu sekali ketika tidak ada tugas yang harus dikerjakan.

Dengan rutin dibersihkan, laptop akan terhindar dari pengendapan debu dan kotoran yang merupakan salah satu sumber penyebab kerusakan laptop.

Komponen yang dibersihkan terutama keyboard. Gunakan semprotan udara seperti yang kerap digunakan membersihkan kamera untuk menghilangkan debu di sela-sela tombol keyboard. Gunakan lap microfiber untuk menghilangkan debu-debu yang tersisa.

Bersihkan juga layar dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD. Sebelumnya sapu dulu dengan kuas khusus.

Setelah disemprot, keringkan LCD dengan menggunakan lap secara perlahan dan dalam satu arah. Hindari melakukan pembersihan LCD dengan cara memutar kain pembersih.

Benda penting seperti laptop memang harus dirawat dan dijaga agar tidak cepat rusak. Untuk itu, Anda harus tahu cara merawat laptop dengan baik. Selama dirawat dan digunakan sebagaimana mestinya, laptop Anda pasti tidak cepat mengalami kerusakan.

Loading...

Artikel Terkait: