10 Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Vlog

Belakangan ini kepopuleran kamera mirrorless kian melejit di masyarakat. Tak sedikit fotografer ataupun YouTuber yang menggunakan kamera mirroless karena dianggap praktis. Ukurannya ringan dan bisa dimasukkan ke saku. Selain itu, lensanya bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan.

Pada prinsipnya, kamera mirrorless hampir sama dengan kamera DSLR. Hanya saja kamera mirrorless tidak memiliki pentaprisma atau cermin.

Meski tak memiliki cermin, bukan berarti kamera mirrorless kurang bagus. Justru sistem kerjanya jadi lebih simpel. Di samping itu, gambar dari kamera ini dijamin berkualitas karena dilengkapi fitur-fitur yang lebih canggih.

Nah, bagi Anda yang hobi bikin video YouTube, entah newbie ataupun yang sudah pro, berikut beberapa rekomendasi kamera mirrorless untuk vlog yang terbaik. Check it out!

1. Sony Alpha 7S Mark II

kamera mirrorless untuk vlog

Salah satu alasan mengapa Anda para vlogger harus memilih Sony Alpha 7S Mark II, yakni kamera ini mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi meski dalam kondisi gelap.

Di samping itu, kamera Sony ini juga dilengkapi sensor full frame yang memungkinkan Anda memperoleh kedalaman bidang yang sangat dangkal. Serta dapat merekam video 4K hingga kejernihan 1080p pada 120 fps, punya kekuatan slow motion hingga 5x, bisa cocok dengan lensa jenis apapun, dan memiliki fitur stabilisasi gambar 5 sumbu.

Namun kekurangannya, kamera ini tidak memiliki layar sentuh. Kemudian baterainya juga mudah habis, dan harganya pun terbilang cukup mahal. Yakni sekitar Rp 30 jutaan.

2. Panasonic GH5

Rekomendasi kamera mirrorless untuk vlog berikutnya adalah Panasonic GH5. Kamera ini termasuk kamera favorit para YouTuber karena penggunaanya yang mudah, bahkan untuk seorang newbie sekalipun.

Kamera mirrorless ini memiliki layar sentuh flip-out dan semua tombol kontrolnya tertata rapi sehingga memungkinkan Anda mengubah pengaturan dengan cepat. Anda bisa juga mengatur titik fokus melalui layar sentuhnya.

Keunggulan lainnya, yakni bisa menangkap gambar dalam resolusi 4K pada 60P/50P dan merekam dengan kualitas full HD hingga 180 fps. Selain itu, dilengkapi pula dengan fitur stabilisasi gambar 5 sumbu serta Dual IS 2 yang membantu mengurangi getaran saat pengambilan gambar. Sehingga proses merekam jadi lebih stabil.

Adapun kekurangannya, kamera ini tidak bisa menangkap gambar berkualitas dalam kondisi gelap. Selain itu, ukurannya juga cukup berat hampir sama dengan DSLR. Harganya pun relatif mahal, yaitu Rp 28 jutaan.

3. Olympus OM-D E-M1 Mark II

Meski baru dirilis di tahun 2016, kamera kelauran Olympus ini sudah mampu menarik perhatian banyak fotografer. Hal itu dikarenakan kamera ini menawarkan fitur-fitur canggih yang  menarik.

Seperti kecepatan dalam pengambilan gambar, sehingga dapat memotret hingga 60 foto perdetik secara berturut-turut dengan fasilitas electronic shutter.

Selain itu, kamera ini juga dapat merekam dengan resolusi 4K. Dilengkapi sensor stabilisasi gambar mekanik 5 sumbu yang membuat video minim getaran. Sistem autofokusnya juga patut diancungi jempol! Video yang dihasilkan dijamin fokus meski kondisi pencahayaan tidak sempurna.

Kamera ini bisa menangkap gambar hingga 15 fps hingga 60 fps. Namun untuk pemilihan lensa enggak bisa sembarangan, melainkan harus kompatibel dengan sistem micro four-thirds.

Adapun kekurangan dari kamera Olympus ini adalah ukurannya agak berat dibandingkan kamera mirrorless lainnya. Harganya sekitar Rp 25 jutaan.

4. Canon EOS M50

Canon EOS M50 putih

Kamera mirrorless untuk vlog berikutnya adalah Canon EOS M50. Kamera ini memiliki fitur layar LCD dan flip out. Dilengkapi juga dengan port mikrofon eksternal, sensor APS-C, serta resolusi merekam hingga 4K pada 25p/24 p.

Selain itu, kamera ini memiliki sistem autofokus hingga 143 titik. Terdapat pula fitur penstabil gambar. Dan yang terpenting mampu bekerja dengan baik meski dalam situasi cahaya rendah.

Kelebihan lainnya, kamera Canon ini juga ringan untuk dibawa kemana-mana. Namun daya baterainya enggak bisa bertahan lama (relatif cepat habis). Jadi, Anda perlu membawa baterai cadangan atau power bank jika berpergian. Harganya tidak terlalu mahal, yakni sekitar Rp 10 jutaan.

5. Sony Alpha 6500

Kamera besutan Jepang ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk vlogger. Kamera Sony Alpha 6500 menawarkan berbagai fitur yang mutakhir. Mulai dari sistem autofokusnya yang memiliki kecepatan hingga 0,05 per detik.

Kemudian, dilengkapi pula dengan sensor APS-C yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan cahaya rendah, tapi tetap berkualitas.

Keunggulan lainnya, kamera ini dapat menangkap gambar secara berturut-turut hingga 11 foto perdetiknya. Ada juga fitur layar sentuh dan penstabil gambar 5 sumbu. Untuk perekaman gambar, resolusinya 4k dan kualitas mencapai ukuran full HD hingga 120 fps.

Kamera Sony Alpha versi 6500 ini juga cocok dibawa travelling karena ukurannya sangat ringan. Namun sayanya, tidak memiliki layar flip-out. Harganya berkisar Rp 15 jutaan.

6. Panasonic G7

Jenis kamera mirrorless lain yang bagus untuk merekam video adalah Panasonic G7.  Fitur dari kamera ini memang tak terlalu canggih, namun terbilang mumpuni untuk pemula.

Kamera Panasonic G7 dapat merekam video dengan resolusi 4K dalam 30p/24p. Dilengkapi juga dengan layar LCD touch screen, sistem micro four-thirds, dan sistem autofokus dengan kinerja shutter mencapai 8 fps.

Kekurangannya, kamera ini tidak memiliki sistem stabilisasi gambar dan autofokusnya agak lambat. Harganya sekitar Rp 7 jutaan.

7. Sony a5100

Jika Anda masih pemula dalam dunia fotografi, dan mencari kamera yang cocok untuk ngevlog, maka Sony a5100 bisa jadil pilihan tepat!

Kamera mirrorless ini memang tidak memiliki fitur lengkap, tapi kualitasnya terbilang cukup bagus. Dapat merekam dengan kualitas full HD 1080p/60p. Autofokus lumayan luas dan resolusinya mencapai 24 megapixel dengan sistem APS-C. Serta dilengkapi layar sentuh untuk menentukan titik fokus.

Namun kekurangannya, Sony a5100 tidak memiliki port mikrofon. Sehingga Anda harus menyediakan perekam eksternal sendiri. Selain itu, juga tidak ada flash hot shoe, stabilisasi gambar ataupun jendela bidik.

Untuk lensa, kamera ini hanya memiliki lensa kit. Desainnya terbilang minimalis dan harganya pun terjangkau, yaitu sekitar Rp 6 jutaan.

8. Fujifilm X-A3

Gambar Fujifilm X-A3

Selanjutnya, kamera mirroless yang bagus untuk vlog adalah Fujifilm X-A3. Kamera ini memiliki resolusi 24,2 megapiksel dengan dilengkapi sistem APS-C. Terdapat fasilitas layar LCD yang bisa dilipat, super I-Flash, dan autofokus hingga jarak 7 cm.

Selain itu, juga memiliki fitur viewfinder atau jendela bidik dengan sistem slide and tilt. Sementara untuk lensa yang digunakan yakni tipe Fujinon XC 16-50 f/3.5-5.6 OIS II. Harga kamera mirrorless ini cukup ramah dikantong, bersikar Rp 5 jutaan.

Baca juga:

9. Samsung NX3000

Pilihan kamera mirrorless untuk ngevlog lainnya adalah Samsung NX3000. Kamera ini dilengkapi sensor 20.3 MP dengan sistem APS-C CMOS yang memungkinkan Anda merekam dengan kualitas menakjubkan. Bebas noise dan gambar tetap jernih meski dengan pencahayaan minim.

Selain itu, juga memiliki fasilitas Wifi, NFC- enabled remote viewfinder Pro sebagai remote control, layar 3 inchi dengan fitur flip-up, dan shutter speed mencapai 1/4000 perdetik.

Untuk kualitas rekaman adalah full HD 1080p/30p. Kinerja shutter hingga 5 fps, dan Anda bisapula berbagi foto secara langsung menggunakan fitur autoshare. Harga kamera mirrorless ini sekitar Rp 6 jutaan.

10. Olympus PEN E-PL8

Rekomendasi kamera mirroless untuk vlog yang terakhir adalah Olympus PEN E-PL8. Kamera rancangan perusahaan Jerman ini memiliki fitur stabilisasi gambar mekanik 3 sumbu. Dengan dilengkapi layar LCD yang bisa diputar 180 derajat sehingga memudahkan Anda dalam mengambil video selfie.

Kamera mirrorless ini memiliki sensor sebesar 16 megapiksel, sistem autofokus mencapai 81 titik, dan bisa menangkap gambar hingga 8 foto perdetik.

Selain itu, juga dilengkapi fitur keren, seperti Nighttime Live Composite Mode serta Art Filter yang membantu menghasilkan gambar lebih unik dan pastinya memuaskan. Harganya berkisar Rp 8 jutaan.

Penutup

Demikianlah beberapa rekomendasi kamera mirrorless untuk vlog yang paling banyak dicari dan berkualitas bagus. Cukup banyak pilihannya, bukan?

Oh ya, sekadar saran, sebaiknya jika Anda masih amatiran dan baru memulai jadi YouTuber, pilih saja kamera yang harganya terjangkau. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan budget tinggi.

Loading...

Artikel Terkait: