10 Mobil Tercepat di Dunia

Sejumlah mobil yang diproduksi saat ini tak hanya berfungsi untuk membawa penumpangnya dari satu tempat ke tempat lain. Ada juga mobil yang diproduksi khusus untuk mereka yang menggilai kecepatan.

Harga mobil sport berkecepatan tinggi ini pun pasti sangat mahal. Bahkan sebagian ada yang diproduksi sangat terbatas. Menjadi kendaraan langka yang hanya dimiliki segelintir orang di seluruh dunia.

Karena itu mobil tercepat di dunia saat ini memang tidak banyak beredar di pasaran. Mereka dibuat secara khusus untuk bisa menjadi yang tercepat. Mesin yang digunakan pun merupakan pilihan terbaik.

Merek-merek mobil sport ini mungkin bagi sebagian orang terasa kurang akrab. Namun, mereka merupakan mobil-mobil yang memiliki kecepatan nyaris separuh kecepatan suara. Berikut daftarnya.

1. Hennessey Venom GT (434,5 km/jam)

Mobil tercepat di dunia

Inilah mobil tercepat di dunia saat ini. Kecepatan resmi yang tercatat saat melakukan pengujian mencapai 434,5 km/jam.

Bisa dibilang Hennessey Venom GT adalah mobil rakitan pribadi, bukan produksi resmi pabrikan. Dirancang dan dibangun oleh John Hennessey, seorang pemilik butik otomotif yang berada di Sealy, Texas, Amerika Serikat.

Mobil ini disusun dari 29 komponen. Di antaranya menggunakan badan Lotus Exige, mesin Corvette Z06 yang didongkrak dengan dua buah turbocharger.

Pada 14 Februari 2014, pengujian kecepatan maksimal mobil ini pun dilakukan di landasan pesawat ulang alik NASA. Dari target kecepatan 435,3 km/jam, Hennessey Venom GT akhirnya hanya meraih 434,5 km/jam.

Namun ini sudah cukup untuk menyingkirkan rekor sebelumnya yang dimiliki Bugatti Veyron Super Sport.

2. Bugatti Veyron Super Sport (431,3 km/jam)

mobil Bugatti Veyron Super Sport

Sebenarnya, Bugatti Veyron Super Sport sudah meraih rekor kecepatan pada 2005. Namun saat itu, kecepatan ini tak tercatat secara resmi di buku Guinness.

Upaya meraih rekor kecepatan pun kembali dilakukan pada 2010. Kali ini dihadiri langsung oleh perwakilan Guinness. Kecepatannya yang tercatat saat itu mencapai 431,3 km/jam.

Namun, kemudian pengawas dari Guinness menemukan mobil ini sudah dimodifikasi karena melepas alat speed limiter. Sehingga rekor kecepatan milik Bugatti pun sempat diambil kembali.

Hingga akhirnya Guinness menyatakan alat tersebut tak mempengaruhi kemampuan Bugatti meraih kecepatan maksimal dan mengembalikan rekor kecepatan milik mereka.

Baca juga: Sejarah Mobil: Perkembangan Mobil dari Zaman Dulu Sampai Sekarang

3. Koenigsegg Agera R (418,4 km/jam)

Koenigsegg Agera R

Untuk mencapai target top speed, Koenigsegg Agera R dilengkapi dengan mesin 5.000 cc dan twin turbo V-8. Di atas kertas, top speed yang bisa diraih mobil pabrikan Swedia ini bisa mencapai 439,4 km/jam.

Faktanya, saat dilakukan pengujian kecepatan maksimal yang didapat adalah 418,4 km/jam. Meski power dari mesin mobil ini kalah dari pesaingnya, bobotnya yang ringan sangat membantu untuk mencapai top speed.

Koenigsegg bahkan mampu memperbaiki rekor kecepatannya hingga 4 kali di antara 2003 hingga 2011. Salah satu keunggulan mobil ini adalah mampu melakukan pengereman dari kecepatan 300 km/jam hingga berhenti dalam waktu 21,9 detik.

Mengalahkan catatan milik Bugatti Veyron Super Sport yang melakukan hal yang sama dalam waktu 25,3 detik.

4. SSC Ultimate Aero (413,6 km/jam)

SSC Ultimate Aero

Mobil tercepat di dunia yang berada di peringkat ke-4 mungkin kurang akrab dengan telinga para penggemar otomotif di Indonesia. Mobil rancangan SSC North America ini menggunakan mesin Shelby SuperCars dengan dukungan Supercharged V-8 milik Chevrolet.

SSC Ultimate Aero pun melakukan pemecahan rekor kecepatan pada 2007. Menggunakan fasilitas NASA untuk melakukan beberapa kali pengujian.

Hingga akhirnya pada Oktober 2007, kecepatan SSC Ultimate Aero sempat mampu menyingkirkan rekor kecepatan milik Bugatti Veyron.

Salah satu kelebihan yang dimiliki mobil ini adalah dalam melakukan akselerasi. Untuk mencapai kecepatan 0 sampai 96,6 km/jam hanya dibutuhkan waktu 2,7 detik saja!

5. Porsche 9ff GT9-R (413,6 km/jam)

Porsche 9ff GT9-R

Seri 9ff GT9-R ini benar-benar dibuat sangat terbatas oleh Porsche. Jumlahnya di dunia tak lebih dari 20 buah. Sehingga pabrikan Jerman ini tak terlalu peduli dengan kecepatan maksimal yang bisa didapat mobil produksi mereka ini.

Namun demikian, dengan mesin Porsche 911 yang dikonfigurasi ulang berkapasitas 4.000 cc 6 silinder mampu menghasilkan tenaga hingga 1.120 dk.

Kemampuan tersebut membuat Porsche 9ff GT9-R ini menjadi mobil legal pertama yang mampu mencapai top speed di atas 400 km/jam.

6. Koenigsegg CCR (403,5 km/jam)

Koenigsegg CCR

Koenigsegg memproduksi seri CCR dengan jumlah yang sangat-sangat terbatas. Hanya ada 14 unit saja di seluruh dunia. Menjadikan mobil ini salah satu mobil berkecepatakan tinggi terlangka di dunia.

Koenigsegg CCR disebut mampu menembus kecepatan 403,5 km/jam. Namun, catatan ini tak bisa masuk ke bukur rekor Guinness. Pasalnya, ada aturan yang menyebut jika jumlah mobil yang diproduksi minimal 30 unit untuk menjadikannya sebagai mobil produksi masal.

Pada 2006, Koenigsegg merilis seri CCX yang dilakukan sedikit perubahan untuk memenuhi ketentuan keselamatan dan emisi di Amerika Serikat. Seperti seri CCR, seri CCX juga hanya diproduksi 14 unit saja selama 5 tahun. Perubahan itu membuat top speed CCX diestimasi mencapai 394,3 km/jam.

7. Saleen S7 Twin-Turbo (399,1 km/jam)

Saleen S7 Twin-Turbo

Tak banyak mobil produksi Amerika Serikat yang tercatat sebagai kendaraan tercepat di dunia. Salah satu yang mampu menembus daftar mobil tercepat di dunia adalah Saleen S7 Twin-Turbo.

Pertama kali dirilis pada 2003, Saleen S7 memiliki mesin 7.000 cc V-8 buatan Ford. Mesin ini sama persis yang digunakan di seri balapan NASCAR. Beberapa tahun kemudian Saleen S7 mulai mengincar rekor milik Bugatti Veyron dengan menambahkan Twin-Turbo.

Namun, tenaga yang dihasilkan memang belum cukup kuat untuk melewati angka 400 km/jam. Saleen S7 hanya mampu mencapai 399,1 km/jam saja.

8. McLaren F1 (386,2 km/jam)

McLaren F1

Saat pertama kali diperkenalkan kepada publik pada 1992, McLaren F1 sudah mampu mencapai kecepatan 371,8 km/jam. Selanjutnya, kecepatan mobil pabrikan asal Inggris ini terus bertambah hingga mampu mencapai 386,2 km/jam berkat sejumlah perbaikan.

Catatan tersebut masih mampu membuat McLaren F1 masuk daftar 10 Besar mobil tercepat di dunia. Bahkan catatan ini maih bertahan hingga lebih dari 15 tahun setelah unit terakhir keluar dari pabrik perakitan.

Tak hanya kecepatan, McLaren F1 punya rancangan ruang kemudi yang unik. Mengadopsi posisi driver di balap Formula 1, pengemudi mobil ini berada di tengah.

Menggunakan mesin BMW 6.1 V-12, McLaren F1 menjadi salah satu favorit para pencinta super cars.

9. Zenvo ST1 (375 km/jam)

Zenvo ST1

Denmark memang dikenal sebagai tempat kelahiran mainan anak-anak LEGO. Tapi kali ini mereka tidak membuat “mainan” untuk anak-anak. Karena yang dibuat adalah sebuah mobil sport berkecepatan tinggi.

Zenvo ST1 dilengkapi dengan mesin 7.000 cc V-8 yang mampu menghasilkan 1.250 tenaga kuda. Dengan mesin tersebut, mobil berpenggerak roda belakang ini mampu melesat hingga 375 km/jam.

Satu-satunya kekurangan yang dimiliki mobil ini adalah proses perbaikan yang rumit. Selain harga spare part yang mahal, untuk perbaikan lebih mendalam mobil ini hanya bisa diperbaiki di negeri asalnya.

10. Pagani Huayra (370 km/jam)

Pagani Huayra

Mobil bertenaga besar yang mampu melesat ratusan kilometer per jam kali ini datang dari Italia. Salah satu keistimewaan dari mobil ini bobotnya yang sangat ringan karena menggunakan bahan serat karbon. Pagani Huayra menjadi sedikit mobil sport yang menggunakan bahan yang kuat tapi ringan ini.

Sang kreator, Horacio Pagani sebelumnya pernah bekerja untuk Lamborghini di bagian produksi material. Sementara untuk mesin menggunakan Mercedes Benz 6.000 cc V-12 plus Twin-Turbo.

Dengan kemampuan mesin yang besar, Pagani Huayra mampu melesat hingga 370 km/jam. Catatan ini diraih saat melakukan test dalam sebuah acara televisi “Top Gear”.

Penutup

Seluruh mobil tercepat di dunia meraih catatan mereka dalam sebuah arena atau tempat yang memang aman. Faktanya, untuk mobil yang diproduksi secara masal dan digunakan di jalanan umum tentu akan sulit mencapai top speed.

Apalagi, pasti akan ada aturan pembatasan kecepatan jika ingin coba-coba ngebut di jalanan umum. Karena itu, para pemilik mobil sport ini biasanya punya jadwal menyewa sirkuit demi merasakan kepuasan maksimal dari mobil milik mereka.

Loading...

Artikel Terkait: