10 Mobil Termahal di Dunia

Bagi penggemar dunia otomotif tentu tidak asing dengan merek-merek seperti Ferrari, Lamborghini, Bugati Veyron, maupun Koenigsegg sebagai mobil-mobil sport ternama saat ini.

Tak hanya bisa digeber hingga mencapai 400 km/jam, mobil-mobil ini pun dikenal sebagai barisan mobil termahal di dunia.

Nilainya mencapai miliaran rupiah, untuk harga jual di tempat asalnya. Jika ada orang Indonesia yang ingin membawanya ke tanah air, dapat dipastikan harganya akan berlipat-lipat karena akan mengalami rentetan pajak. Dari mulai pajak bea masuk hingga pajak barang mewah.

Bukan cuma karena bertenaga besar yang membuat mobil-mobil ini berharga mahal. Tapi karena dibuat secara terbatas, sehingga tak setiap orang kaya raya di muka bumi ini bisa membelinya.

Penasaran? Yuk simak sama-sama mobil-mobil keren dengan harga yang bisa bikin Anda geleng-geleng kepala.

1. Koenigsegg CCXR Trevita (4,8 juta dolar AS)

Koenigsegg CCXR Trevita - Mobil temahal di dunia

Hanya orang-orang yang memiliki “uang tak berseri” yang bisa memiliki mobil termahal sejagat ini.

Salah satu pesohor yang memiliki mobil mewah ini adalah petinju Amerika Serikat, Floyd Mayweather. Koenigsegg CCXR Trevita hanya salah satu dari sekian banyak mobil mewah yang dimiliki Mayweather.

Pabrikan asal Swedia ini merancang Koenigsegg CCXR Trevita dengan sentuhan kesempurnaan. Tak heran jika mobil ini pun dijuluki ‘a Diamond on Wheels’.

Bodi mobil terbuat dari serat karbon yang dirancang sendiri oleh para ahli Koenigsegg. Membuat mobil ini bisa berubah warna dari hitam menjadi putih keperakan saat terkena sinar matahari. Hal ini bisa terjadi karena ada unsur permata yang diselipkan dalam bahan karbon.

Tak perlu heran jika harganya pun bisa mencapai 64,6 miliar rupiah per unit.

2. Lamborghini Veneno (4,5 juta dolar AS)

Mobil Lamborghini Veneno

Dilihat dari berbagai sudut, mobil ini memang sangat menakjubkan, sangat WOW. Seperti mimpi dan sangat tidak masuk akal, belum lagi harga mobil yang mencapai 4,5 juta dollar AS atau Rp 60,5 miliar!

Lamborghini Veneno fokus pada pengoptimalan aerodinamis dan memperhatikan stabilitas saat berkendara. Memberikan pengalaman sentuhan sebuah prototipe mobil balap yang otentik dan dinamik, namun memiliki sertifikasi untuk digunakan di jalan.

Desain lampu yang ringan terbuat dari bingkai serat karbon tidak hanya sekadar hiasan, tetapi juga mengurangi bobot dan mampu menambah kecepatan.

Serat karbon ini tak hanya berada di bodi luar, interior pun mendapat sentuhan yang sama. Terutama di bagian tengah dan sil pelindung.

3. W Motors Lykan Hypersport (3,4 juta dolar AS)

W Motors Lykan Hypersport merah

Jika Anda penggemar film sekuel “Fast and Furious”, pasti pernah melihat salah satu mobil termahal di dunia ini. Muncul di sekuel ke-7, Lykan Hypersport memang punya tampilan yang berkelas dan sangat mewah.

Nama Lykan Hypersport mungkin tidak terlalu akrab. Maklum, pabrikan yang banyak melepas produknya di kawasan Timur Tengah ini memang baru beroperasi pada 2012. Jelas masih menjadi ‘bayi’ bagi pabrikan senior seperti Lamborghini, Ferrari, atau Bugatti.

Namun demikian, Lykan Hypersport langsung menarik minat banyak orang kaya di jazirah Arab dengan keeleganan tampilannya. Dashboard Lykan kaya dengan fitur ID4notion dan diimbuhi display hologram.

Saat pertama kali diluncurkan pada Qatar Motor Show 2013, Lykan Hypersport dihiasi dengan lampu LED berlapis 220 buah berlian. Di bagian jok juga dihiasi dengan butiran emas. Seluruh desain interior dibuat secara eksklusif oleh Cyrus Klepscys.

Baca juga: 10 Mobil Tercepat di Dunia

4. Mansory Vivere Bugatti Veyron (3,4 juta dolar AS)

Mobil Mansory Vivere Bugatti Veyron

Daftar berikutnya datang dari Bugatti Veyron. Pabrikan yang hanya spesial membuat mobil mewah berharga mahal ini menyelipkan seri Mansory Vivere dalam daftar mobil termahal sejagat. Harganya? Rp 45,7 miliar rupiah saja.

Pertama kali menunjukkan wajahnya di ajang Geneva Motor Show 2014, Mansory Vivere langsung menjadi magnet. Tertutama dengan kilau indah body-nya yang terbalut kombinasi sempurna antara white paint job dan carbon fiber khas Mansory.

Dilihat dari depan, bagian wajahnya terlihat unik dengan facelift baru yang khas, desain kap mesin yang lebih segar dan front lip anyar. Ia juga mengusung LED Daytime Running Light yang menemani emblem ‘V’ untuk ‘Vivere’ kian memperkuat daya tarik sang Mansory ini.

5. Ferrari F60 America (2,5 juta dolar AS)

Mobil Ferrari F60 America

Mobil Ferrari F60 dibuat sangat terbatas, karena memang ditujukan untuk merayakan ulang tahun ke-60 dari ‘invasi’ pabrikan Italia ini di Amerika Serikat. Saat pertama kali diluncurkan, hanya diproduksi 10 unit saja di seluruh Amerika Serikat.

Bodi mobil seharga 33,6 miliar rupiah ini  mengadopsi desain bodi dari North American Racing Team (NART). Ditambah dengan sentuhan roll hoop di balik kursi. Tak ketinggalan lencana penanda peringatan 60 tahun Ferrari di AS.

Di bagian interior diberi sentuhan warna hitam dan merah ditambah dengan bendera Amerika Serikat di kedua kursinya. Atap kain yang dipasang bisa bisa tahan hingga kecepatan 120 km/jam.

Soal mesin, Ferrari F60 dibekali dengan V12 6.2 dari F12 Berlinetta yang mampu menghasilkan tenaga 740 hp dengan torsi 690 Nm. Membuat mobil ini bisa melakukan akselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 3,1 detik saja.

6. Koenigsegg One:1 (2 juta dolar AS)

Mobil Koenigsegg One 1

Anda bisa membeli banyak hal dengan uang 2 juta dolar AS (Rp 26,9 miliar). Bisa membeli rumah, apartemen, bahkan kebun yang luas.

Tapi, bagi segelintir orang, lebih memilih untuk membeli salah satu mobil termahal di dunia: Koenigsegg One:1.

Koenigsegg One:1 hanya diproduksi 7 unit saja. Unit pertama merupakan prototipe. ‘Saudara kandung’ dari Koenigsegg Agera R ini dikenal dengan mesinnya yang ekstratenaga. Mampu menghasilkan 1.341 tenaga kuda.

Keistimewaan lain dari Koenigsegg One:1 adalah menerima berbagai jenis bahan bahan bakar. Dari mulai bensin biasa, bensin khusus balapan, hingga E85 biofuel yang tergolong masih baru.

7. Aston Martin One-77 (1,4 juta dolar AS)

Mobil Aston Martin One-77

Penamaan Aston Martin One-77 tak lepas dari jumlah unit yang diproduksi. Mobil yang pertama kali diluncurkan kepada publik di ajang Paris Motor Show 2008 ini memang hanya diproduksi 77 unit saja di seluruh dunia.

Berkat keunikan desainnya, mobil ini sempat mendapat penghargaan Concept Cars and Prototype di Concorso d’Eleganza Ville d’Este 2009.

One-77 sendiri dibangun dengan menggunakan serat karbon di bagian sasis maupun bodi secara keseluruhan. Untuk menutup sasis, digunakan aluminium yang dibuat secara manual oleh tangan manusia.

One-77 juga merupakan mobil tercepat yang pernah dibuat Aston Martin. Menggunakan mesin V12 7.3 liter, mampu membuat mobil ini berakselerasi 0-100 km dalam waktu 3,5 detik. Sementara top speed mencapai 354 km/jam.

8. Pagani Huayra (1,4 juta dolar AS)

Mobil Pagani Huayra

Urusan mesin, Pagani Huayra (dieja why-rah) mungkin tak lebih baik dari mobil sport lainnya. Mesin V12 6.0 liternya hanya menghasilkan 620 tenaga kuda saja. Tapi untuk urusan desain, khususnya interior, boleh diadu dengan mobil mewah yang manapun.

Interior Pagani Huayra sangat kental dengan sentuhan seni berestetika tinggi. Kursi berdesain laiknya pesawat ulang alik. Sementara tampilan dashboard sangat organik dan cantik.

Tak hanya soal desain, fitur keselamatan pun jadi nomor satu. Pagani Huayra menggunakan 4 tipe aerodynamic airbrake yang diletakkan di setiap sudut mobil. Fungsinya adalah  memaksimalkan downforce dan meminimalkan bantingan akibat pengereman.

9. Ferrari LaFerrari (1,4 juta dolar AS)

Mobil Ferrari LaFerrari

Salah satu mobil termahal di dunia ini hanya diproduksi dalam jumlah 499 unit saja di seluruh dunia. Memang tergolong banyak dibanding Ferrarri F60 atau Aston Marton One-77.

Tapi tetap saja tidak mudah untuk mendapatkannya, karena termasuk mobil yang laris di pasaran.

Apalagi LaFerrari hanya akan dilepas kepada kolektor serius. Faktanya, seluruh unit ini sudah terjual habis saat ini.

Seperti mobil mahal lainnya, LaFerrari juga menggunakan bahan serat karbon. Kursi penumpang pun didesain menyatu dengan bagian interior mobil. Anda akan merasakan bahu yang lebih rendah dan lutut lebih tinggi seperti halnya posisi para pembalap Formula 1.

10. Zenvo ST1 (1,2 juta dolar AS)

Mobil Zenvo ST1

Daftar terakhir datang dari Zenvo ST1. Mobil seharga 16 miliar rupiah ini menghadirkan sensasi kemewahan di bagian interior. Sejumlah fasilitas supermewah bisa langsung dirasakan ketika Anda duduk di belakang kemudi.

Begitu masuk ke dalam kabin, nuansa racing sudah langsung terasa. Jok dengan desain racing seat bakal menawarkan kenyamanan bagi penumpang maupun pengemudi. Bagian ini mudah diatur secara elektronik untuk disesuaikan dengan keinginan.

Tak hanya itu, sejumlah fitur istimewa juga tersemat di bagian dashboard. Seperti fitur G-Force yang menyempurnakan keberadaan windshield di mobil ini. Membuat mobil ini makin menarik untuk dikendarai.

Penutup

Bagi banyak orang, memiliki salah satu dari mobil termahal di dunia ini mungkin hanya sekadar mimpi. Cukup menikmatinya melalui tayangan video di dunia maya atau sumber informasi lain, seperti artikel yang sudah Anda baca ini.

Namun, bisa saja mimpi ini Anda wujudkan suatu hari nanti. Tentu saja dengan berbagai upaya dan kerja keras yang terus dilakukan tanpa kenal menyerah.

Loading...

Artikel Terkait: