10 Printer Foto Terbaik 2018

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat hidup manusia menjadi lebih mudah. Termasuk dimudahkan dalam mencetak foto. Bisa dibilang, kemampuan dan kualitas cetak printer foto yang ada saat ini sudah jauh melesat dibanding pendahulu mereka.

Di awal era kamera digital, para fotografer profesional tidak bisa banyak berkutik ketika hasil cetak foto mereka tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Tapi, kini mereka bisa tersenyum lebar saat hasil cetak fotonya sudah sangat mendekati kenyataan. Karena printer foto yang ada saat ini sudah dibekali dengan berbagai teknologi canggih yang mendukung terciptanya hasil cetak yang menawan.

Produsen printer ternama dunia seperti Canon, Epson, Hewlett-Packard (HP), dan beberapa brand lainnya berlomba menciptakan printer khusus foto dengan kualitas mumpuni. Mungkin saja Anda dibuat bingung oleh banyaknya printer foto berkualitas yang dijual merek-merek tersebut saat ini.

Berita baiknya, kami telah memilih 10 printer foto terbaik 2018. Perbandingan dan ulasan kesepuluh printer tersebut kami sajikan di artikel ini.

Selain itu, di bagian akhir artikel ini kami juga memberi Anda panduan membeli printer foto yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Let’s get started!

Perbandingan Printer Foto

GambarNama PrinterResolusi Cetak (dpi)Teknologi CetakHarga (Rp)
Gambar Canon imagePROGRAF PRO-1000Canon imagePROGRAF PRO-10004800 x 2400Inkjet17,3 jutaan
Epson Stylus Photo R2000Epson Stylus Photo R20005760 x 1440Inkjet10,6 jutaan
Canon PIXMA Pro-100Canon PIXMA Pro-1004800 x 2400Inkjet5 jutaan
Epson L850Epson L8505760 x 1440Inkjet5,3 jutaan
Epson Picturemate PM245Epson PictureMate PM2455760 x 1440Inkjet3,5 jutaan
Gambar Canon Selphy CP1200Canon Selphy CP1200300 x 300Dye sublimation1,3 jutaan
Gambar Epson Stylus Photo T60Epson Stylus Photo T605760 x 1440Inkjet3,4 jutaan
Polaroid ZIP Mobile PrinterPolaroid ZIP1200 x 600Zink2,4 jutaan
Fujifilm INSTAX SHARE SP-2Fujifilm INSTAX SHARE SP-2320 x 3203-color exposure with OLED2,8 jutaan
HP Sprocket Portable Photo PrinterHP Sprocket313 x 400Zink1,7 jutaan

Catatan: resolusi cetak maksimal, dan harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Ulasan 10 Printer Foto Terbaik

Di bawah ini ulasan 10 printer khusus cetak foto terbaik yang mungkin saja salah satunya menjadi printer favorit Anda.

1. Canon imagePROGRAF PRO-1000

Gambar Canon imagePROGRAF PRO-1000Sejumlah teknologi terkini disematkan pada printer foto buatan Canon ini. Di antaranya Lucia Pro Ink System yang mampu mencetak foto dengan kualitas warna yang luar biasa akurat. Wilayah yang lebih gelap dari foto pun terlihat lebih detail, tidak hanya warna hitam.

Berkat teknologi khas Canon bernama FINE (Full-Photolithography Inkjet Nozzle Engineering), printer ini mampu mencetak hingga mencapai resolusi 4.800 x 2.400 dpi. Dapat dipastikan gambar yang dicetak akan punya detail lebih tajam dan natural.

Tak hanya itu, Canon PRO-1000 juga mampu mencetak foto hingga ukuran maksimal 17×22 inci dengan kualitas detail yang tetap tajam.

Hal ini bisa terjadi karena Canon PRO-1000 menggunakan 11 tinta warna dengan sentuhan teknologi Chroma Optimizer yang mampu menciptakan hasil cetakan yang sempurna. Mampu mengoptimalkan setiap warna ada untuk menghasilkan hasil cetakan yang dinamis.

Urusan kecepatan mencetak foto, printer ini juga bisa diandalkan. Mencetak sebuah foto penuh warna berukuran 13×19 inci atau seukuran A3 hanya butuh waktu 2,5 menit saja. Anda cukup menyambungkan printer dengan ponsel, tablet, atau laptop melalui jaringan wifi maka foto pun bisa langsung dicetak.

Printer ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi antipenyumbatan yang akan membuat proses penyemprotan tinta berjalan dengan sempurna. Jika kualitas yang Anda butuhkan dalam sebuah printer foto terbaik, maka Canon imagePROGRAF PRO-1000 pantas untuk Anda dapatkan.

2. Epson Stylus Photo R2000

Epson Stylus Photo R2000Produk printer foto dari Epson termasuk yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan hasil cetakan yang menakjubkan. Salah satu produk unggulan Epson adalah Stylus Photo R2000. Sebuah printer yang mampu memberikan hasil cetakan foto dengan warna natural dan akurat.

Epson Stylus Photo R2000 menggunakan tinta set yang terdiri dari 8 warna. Antara lain photo black, mate black, biru, magenta, kuning, merah, dan oranye.

Terakhir ditambahkan gloss optimizer yang akan membuat lapisan glossy di setiap hasil cetak. Foto Anda akan terlihat seperti dicetak di studio.

Hasil foto yang dicetak semakin maksimal berkat teknologi pigmen tinta Epson UltraChrome Hi-Gloss® 2. Kualitas tinta ini kemudian diatur dengan sangat baik oleh Epson’s Advanced MicroPiezo® AMC™ sehingga dihasilkan cetakan dengan warna-warna yang sempurna.

Tak hanya itu, produktivitas Anda ketika menggunakan printer ini dipastikan akan bertambah besar. Pasalnya, kapasitas kartrid tintanya lebih besar hingga 1,5 kali dari ukuran standar. Bisa meningkatkan produktivitas hingga 50%.

Kreativitas Anda pun bisa lebih berkembang dengan menggunakan printer Epson Stylus Photo R2000. Printer ini mampu mencetak mulai dari kertas foto hingga art paper dengan ukuran maksimal kertas A3. Bahkan mencetak hasil pada kertas roll yang biasa digunakan untuk mencetak spanduk pun bisa dilakukan printer ini.

Anda pun bisa mudah mencetak dari gadget apa saja berkat koneksi nirkabel yang mumpuni. Sangat memudahkan dan membantu Anda dalam mencetak setiap foto.

3. Canon PIXMA Pro-100

Canon PIXMA Pro-100Kemampuan dalam mencetak foto monochrome menjadi salah satu andalan printer Canon PIXMA Pro-100. Menggunakan 8 kartrid tinta model CLI-42, yang tiga di antaranya didedikasikan untuk membuat foto monochrome.

Delapan warna tersebut antara lain hitam, abu-abu, abu-abu muda, cyan, photo cyan, magenta, photo magenta, dan kuning. Warna hitam, abu-abu, dan abu-abu mudalah yang menjadi kekuatan utama dalam mencetak foto monochrome alias hitam putih yang dramatis.

Tingkat kedalaman warna dan gradasi dari hasil cetakannya diperkuat dengan teknologi ChromaLife100+. Terdapat 6.144 nosel yang akan mengoptimalkan setiap semprotan tinta.

Selain itu, Anda dapat mengganti tinta yang habis yang baru tanpa perlu membeli satu set tangki tinta. Cukup mengganti kartrid tinta yang habis dengan yang baru. Jadi Anda pun bisa lebih menghemat pengeluaran.

Urusan hasil cetak, printer ini pun bisa diandalkan. Karena sudah menggunakan teknologi FINE yang mampu memberikan kualitas hasil cetakan hingga 4.800 x 2.400 dpi. Cukup membuat hasil cetak yang tajam, detail, dan penuh warna.

Ukuran hasil cetakan pun sudah cukup mumpuni. Printer foto terbaik ini mampu mencetak hingga kertas berukuran 13 x 19 inci atau seukuran kertas A3.

Berkat teknologi yang tersemat di dalam printer ini, hasil cetak foto Anda bisa bertahan hingga 200 tahun. Tentu saja tetap harus disimpan dengan cara yang tepat dan benar.

4. Epson L850

Epson L850Bagi Anda yang cukup mementingkan unsur kecepatan dalam mencetak foro, Epson L850 rasanya sanggup memenuhinya. Karena printer ini mampu mencetak foto dengan ukuran 4R hanya dalam tempo 12 detik saja.

Kecepatan mencetak printer ini mencapai 5 ppm untuk hasil monochrome dan 4,8 ppm untuk berwarna. Tak hanya cepat, kualitas hasil cetak juga bisa diandalkan. Resolusi cetak yang dihasilkan Epson L850 bisa mencapai 5.760 x 1.440 dpi. Ditambah dengan gamut warna yang luas sehingga hasilnya bisa maksimal.

Untuk memberikan hasil cetakan penuh warna, printer ini didukung dengan 6 tangki tinta warna. Keenam warna tersebut adalah cyan, cyan muda, magenta, magenta muda,kuning, dan hitam. Semuanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan para fotografer profesional sekalipun.

Urusan koneksivitas juga sangat memudahkan. Tersedia slot kartu memori, bagi Anda yang lebih senang mencetak foto dari alat penyimpan gambar ini. Disediakan juga Pictbridge yang bisa memudahkan Anda dalam mencetak foto.

Sebagai tambahan, disediakan port USB 2.0 bagi Anda yang ingin menhubungkan printer dengan gadget yang Anda miliki melalui kabel.

Printer ini pun sudah dilengkapi dengan layar LCD 2,7 inci. Layar LCD ini akan berguna ketika Anda akan mencetak maupun memindai foto.

Ya, printer ini memang dilengkapi kemampuan memindai dengan resolusi optik 1.200 x 2.400 dpi. Anda pun bisa mencetak ulang foto yang filenya tidak diketahui rimbanya.

5. Epson PictureMate PM245

Epson Picturemate PM245Dalam dunia yang bergerak cepat, sebuah printer yang menunjang mobilitas akan sangat dibutuhkan. Epson cukup paham dengan kondisi ini dengan menciptakan Picturemate PM245. Sebuah mobile printer yang bisa mencetak foto di mana dan kapan saja.

Menariknya, Anda bisa melakukan pengeditan foto tanpa perlu bantuan komputer PC atau laptop. Dengan melalui layar LCD 2,5 inci yang tersedia di printer ini, Anda bisa melakukan pengeditan ringan sebelum mencetaknya. Sangat pas bagi Anda yang ingin mencetak foto dengan cepat.

Urusan kecepatan, printer ini cukup bisa diandalkan. Mencetak foto dengan ukuran 10×15 cm hanya butuh 37 detik saja. Hasil cetakannya pun penuh ke seluruh area tanpa ada batas di pinggiran foto. Printer ini juga mendukung jika Anda ingin mencetak foto dalam format 16:9.

Kecepatan mencetak foto tersebut tidak mengurangi kualitas hasil cetaknya. Pasalnya Epson Picturemate PM245 mempunyai resolusi cetak hingga 5.760 x 1.440 dpi. Sudah lebih dari cukup untuk mencetak foto berukuran 10x 15 cm dengan ketajaman dan detail yang baik.

Epson juga menyematkan teknologi milik mereka yang digunakan untuk menghemat pemakaian tinta. Teknologi bernama Epson Claria Photographic Inks ini mampu mengirit pengeluarkan Anda. Mencetak hingga 150 foto berukuran 4R dengan biaya sekitar 380 ribuan rupiah.

Anda cukup membekal diri dengan baterai yang bisa diisi ulang untuk mencetak foto di manapun Anda berada.

6. Canon Selphy CP1200

Gambar Canon Selphy CP1200Kemudahan, kecepatan, dan koneksi menjadi tiga poin yang banyak ditonjolkan oleh para produsen printer di era sekarang. Dari ketiga poin tersebut, tipe printer terbaik yang bisa mememenuhinya adalah printer portabel. Seperti yang ditawarkan Canon Selphy CP1200.

Desainnya yang kompak sangat menunjukkan jati diri Canon Selphy CP 1200 sebagai printer portabel yang mumpuni. Untuk bisa terkoneksi dengan printer ini bisa melalui berbagai cara. Bisa melalui jaringan wifi, kartu memori, USB, dan PictBridge.

Lalu gunakan aplikasi khusus Selphy CP 1200 yang disediakan untuk ponsel Android maupun iOS. Artinya Anda akan dimudahkan untuk bisa mencetak foto yang Anda inginkan dengan segera.

Ya, dengan segera. Karena printer foto terbaik yang terbilang murah ini (Rp 1,3 jutaan) bisa Anda gunakan tanpa harus tersambung langsung dengan listrik.

Cukup pasangkan baterai yang telah disediakan, maka Anda bisa segera mencetak foto yang dibutuhkan. Satu baterai yang di-charge secara penuh bisa mencetak hingga 54 foto.

Printer ini juga bisa jadi andalan bagi para fotografer di tempat-tempat wisata. Karena bisa segera mencetak foto dari wisatawan yang ingin diabadikan gambarnya di tempat tersebut. Kecepatan dalam mendapatkan hasil cetak akan sangat penting bagi para fotografer ini untuk bisa mendapatkan pemasukan.

Tak hanya cepat, printer ini juga punya kualitas yang cukup mumpui. Setiap lembar foto yang dicetak sudah langsung mendapat lapisan pelindung. Lapisan ini bisa melindungi foto dari debu dan bahkan air, sehingga hasil cetak pun bisa bertahan lama.

 7. Epson Stylus Photo T60

Gambar Epson Stylus Photo T60Kecepatan dalam mendapatkan hasil cetak juga menjadi nilai lebih dari Epson Stylus Photo T60. Bagaimana tidak, untuk mencetak satu lembar foto ukuran 4R hanya butuh waktu 12 detik saja. Bahkan jika mencetak foto ukuran sama dengan garis tepi cukup 11 detik saja.

Kecepatan mencetak ukuran A4 adalah 37 ppm untuk cetak hitam-putih dan 38 ppm cetak warna. Waktu yang dibutuhkanuntuk mencetak foto dalam ukuran tersebut hanya sekitar 27 detik saja.

Tak hanya bisa mencetak cepat, Epson Stylus Photo T60 ini juga punya kualitas cetak yang mumpuni. Resolusi cetaknya mencapai 5.760 x 1.440 dpi. Sudah cukup untuk memberi hasil cetakan yang tajam dengan warna sesuai aslinya.

Semua hasil cetakan tersebut didukung oleh 6 tinta dengan warna berbeda. Antara lain black, cyan, light cyan, magenta, light magenta, dan kuning. Setiap tinta disimpan dalam kartrid terpisah, sehingga jika ada yang habis cukup diganti kartridnya saja.

Seluruh kemampuan mumpuni tersebut tersedia dalam sebuah printer dengan ukuran yang kompak. Meski suaranya sedikit bising ketika mencetak, printer ini cocok bagi Anda yang ingin mengawali usaha percetakan.

Apalagi printerfoto terbaik  ini sudah dilengkapi dengan Wi-Fi, Ethernet, USB 2.0, dan yang penting memiliki garansi resmi hingga 12 bulan. Anda akan mendapatkan hasil cetak sekelas studio dari sebuah printer kompak.

8. Polaroid ZIP

Polaroid ZIP Mobile PrinterPrinter ini bisa dibilang sebuah mesin cetak yang paling mudah dibawa ke mana saja. Dengan ukuran sekitar 8×12 cm, tebal 3 cm, dan berat 186 gram, printer Polaroid ZIP tak jauh beda dengan ukuran smartphone pada umumnya. Bisa masuk tas, bahkan kantong celana sekalipun.

Polaroid ZIP memang didesain untuk mencetak foto di mana dan kapan saja. Menggunakan baterai berkapasitas 500 mAh yang mampu mencetak hingga 25 lembar foto. Tentu saja karena bentuknya yang kecil, maka ukuran foto yang dicetak pun sekitar 5×7,6 cm saja.

Anda tak perlu membeli tinta untuk mencetak foto saat menggunakan printer ini. Lupakan tinta ketika Anda menggunakan Polaroid ZIP. Cukup gunakan kertas foto ZINK buatan Polaroid.

Saat Anda membeli printer ini sudah dilengkapi dengan 10 lembar kertas foto ZINK. Ketika kertas foto sudah habis, Anda bisa membelinya kembali. Satu boks kertas foto ZINK isi 50 lembar dijual seharga Rp 450 ribu.

Untuk mencetak foto dengan menggunakan Polaroid ZIP, bisa menggunakan koneksi bluetooth pada gadget Anda. Bisa juga melalui aplikasi Polaroid ZIP yang sudah disediakan sebagai paket saat Anda membeli printer ini. Dan, dalam hitungan kurang dari 1 menit, foto yang Anda inginkan sudah ada di hadapan Anda.

9. Fujifilm INSTAX SHARE SP-2

Fujifilm INSTAX SHARE SP-2Fujifilm sebenarnya kini lebih dikenal sebagai produsen kamera instan. Guna melengkapi lini produknya, Fujifilm pun ikut meramaikan khasanah printer foto portabel dengan meluncurkan Instax Share SP-2 pada pertengahan tahun lalu. Ini merupakan generasi kedua dari seri sebelumnya Instax Share SP-1.

Tentu saja ada sejumlah pengembangan sudah dilakukan Fujifilm. Desainnya kini lebih dinamis sekaligus minimalis. Bentuknya lebih lebih ramping dan ergonomis karena lebih mudah digenggam.

Dari segi kecepatan mencetak, Share SP-2 pun sudah jauh lebih baik. Printer ini bisa mencetak foto dengan kualitas 320 dpi hanya dalam tempo 10 detik saja. Lebih cepat dibanding “kakaknya” yang mencetak foto dalam waktu 16 detik.

Sebelum mencetak, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Instax Share melalui App Store atau Google Play Store. Selanjutnya tinggal nyalakan wifi dan Anda sudah bisa mulai mencetak foto yang diinginkan. Sekadar info, beberapa tipe dan jenis smartphone ada yang belum kompatibel dengan aplikasi Instax Share.

Baterai yang digunakan pada Share SP-2 pun sudah menggunakan tipe isi ulang. Sehingga tidak perlu repot membeli baterai biasa seperti seri sebelumnya. Cukup mengisi ulang baterai selama 90 menit, Anda bisa mencetak hingga 100 lembar foto.

Printer ini semakin menyenangkan karena menyediakan program edit foto sederhana. Seperti meningkatkan dan mengurangi brightness, contrast, dan saturation. Plus, template bernama Split yang membagi satu gambar menjadi dua foto dan Collage untuk membuat foto kolase dalam satu lembar.

10. HP Sprocket

HP Sprocket Portable Photo PrinterLive it, Love it, Print it. Slogan yang tepat dipasangkan pada printer fortabel terlaris di Amazon ini. Ya printer HP Sprocket memang didesain untuk bisa menjadi bagian dari keseharian dan kehidupan yang Anda sukai.

Sebuah printer portabel yang siap mengabadikan momen-momen penting dari kehidupan Anda. Begitu mudah untuk bisa mencetak foto menggunakan printer HP Sproket.

Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi HP Sproket dari App Store maupun Google Play. Selanjutnya tinggal menekan tombol di layar sentuh smartphone, maka foto pun sudah bisa dicetak.

Disebut mudah karena ukuran printer ini tak lebih besar dari sebuah smartphone dengan ukuran layar 5,5 inci. Memang sedikit lebih tebal, tapi beratnya hanya sekitar 170 gram saja. Sangat mudah Anda bawa kemana-mana.

Printer ini juga menggunakan teknologi ZINK untuk mencetak foto. Tidak butuh tinta, yang diperlukan hanya kertas foto ZINK. Saat Anda membeli printer ini sudah termasuk 10 lembar kertas foto ZINK sebagai bagian dari paket.

Menariknya, kertas foto ZINK berukuran 2×3 inci atau 5×7,6 cm yang diproduksi HP mempunyai lapisan perekat di bagian belakangnya. Sehingga ketika Anda selesai mencetak, foto bisa langsung ditempelkan di tempat yang Anda inginkan. Persis seperti stiker yang biasa Anda jumpai sehari-hari.

Jika kertas foto ini sudah habis, bisa Anda beli kembali dengan harga sekitar 130 ribu rupiah dengan isi 20 lembar. Anda pun bisa mengkreasikan foto sebelum dicetak dengan menggunakan aplikasi HP Sproket melalui smartphone. Benar-benar mudah dan menyenangkan.

Panduan Memilih Printer Foto

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah printer foto, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal penting yang terkait dengan printer tersebut. Hal-hal apa saja itu? Simak di bawah ini.

1. Tipe Printer Foto

Printer foto terbaik - fortabel

Pada umumnya printer foto terbagi dalam dua kelompok besar. Kelompok pertama adalah tipe printer snapshot. Tipe printer ini adalah yang mampu mencetak foto kapan pun dibutuhkan.

Tipe printer snapshot kembali dibagi lagi menjadi printer foto portabel dan nonportabel. Printer foto portabel berukuran sedikit lebih kecil dibanding nonportabel. Tipe printer ini didesain untuk bisa mencetak foto langsung dari smartphone Anda tanpa bantuan kabel.

Untuk ukuran hasil cetak, baik yang portabel maupun nonportabel hanya sekitar 4×6 inci saja. Bedanya, kualitas cetak printer snapshot nonportabel lebih unggul dibanding portabel.

Sementara kelompok kedua adalah printer foto format besar. Dimensi printernya jauh lebih besar dibanding tipe snapshot. Namun, kualitas hasil cetak fotonya pun jauh lebih baik dibanding snapshot.

Kemampuan cetaknya pun jelas lebih besar. Mampu mencetak hingga kertas ukuran A3. Dan sudah didukung dengan sejumlah teknologi terkini dalam hal cetak mencetak foto.

2. Kecepatan Cetak

Mayoritas printer foto terbaik saat ini sudah menjadikan kecepatan cetak sebagai prioritas. Bagi Anda yang menjadikan kecepatan cetak berada di prioritas utama, maka printer tipe snapshot adalah pilihan yang tepat.

Printer ini bisa dengan segera memberi Anda hasil cetakan foto yang diinginkan. Tapi ingat, kecepatan cetak di sini berbanding terbalik dengan kualitas cetakannya. Terlebih ukuran foto yang dicetak hanya sekitar 4×6 inci saja.

Tipe printer ini akan cocok bagi Anda yang hanya sekadar ingin mendapatkan kesenangan dari melihat gambar, bukan pada kualitas gambar yang dicetak.

Untuk mendapatkan hasil cetakan dengan warna yang detail dan akurat, mau tidak mau Anda harus membeli printer foto format besar. Printer ini mampu memberi Anda hasil cetak yang sama persis dengan objek yang Anda foto. Terlebih lagi, ukuran hasil cetak yang didapat bisa mencapai ukuran A3.

Namun demikian, kecepatan foto dari printer tipe ini jelas lebih butuh kesabaran. Karena setidaknya butuh waktu beberapa menit untuk mendapatkan hasil cetak. Toh, dari segi hasil cetak, Anda pastik akan merasa puas.

3. Biaya Tinta

Ilustrasi tinta printer

Printer foto berbeda dengan printer pada umumnya. Sedikit sulit untuk bisa menentukan berapa biaya per halaman foto yang Anda cetak. Karena ada banyak variabel yang terlibat di dalamnya.

Foto A dan foto B yang berbeda objek dan latar belakang yang dijadikan foto akan membutuhkan jumlah tinta yang berbeda. Jenis kertas yang digunakan pun akan ikut menentukan berapa banyak tinta yang dihabiskan untuk mencetak foto tersebut.

Artinya, tidak ada ukuran pasti berapa biaya tinta yang dibutuhkan dalam mencetak satu lembar foto. Sangat bervariasi dan sulit ditentukan besarannya. Tapi setidaknya, sebuah printer dengan jumlah kartrid yang lebih banyak pasti akan butuh biaya lebih besar.

4. Konektivitas

Di era digital ini, koneksi nirkabel sudah menjadi hal yang biasa. Koneksi semacam ini akan sangat memudahkan Anda dalam mencetak foto. Koneksi nirkabel semacam ini bisa menggunakan jaringan wifi maupun bluetooth.

Printer foto terbaik jelas sudah harus memiliki konektivitas nirkabel. Apalagi bagi printer tipe snapshot yang memungkinkan untuk langsung mencetak foto melalui layar ponsel Anda. Beberapa printer mengharuskan Anda mengunduh aplikasi tertentu untuk bisa mencetak foto dari ponsel atau gadget lainnya.

Bagi sebagian fotografer, printer foto juga harus bisa mendukung berbagai tipe kartu memori. Seperti tipe SD, SDHC, SDXC. Tipe kartu memori lain yang kerap digunakan fotografer adalah CompactFlash, MemoryStick, dan MemoryStick Pro Duo.

Pastikan printer foto yang Anda beli sudah mendukung seluruh tipe kartu memori tersebut. Sehingga pekerjaan mencetak foto menjadi lebih mudah.

5. Resolusi Cetak

Kebutuhan printer foto seorang fotografer profesional dengan mereka yang hanya memotret untuk fun semata jelas berbeda. Mereka yang memotret dengan menggunakan ponsel biasanya tidak terlalu peduli dengan kualitas hasil cetakan. Selama terlihat jelas dan bagus sudah cukup menyenangkan.

Namun, fotografer profesional tentu butuh printer foto terbaik yang mampu memberikan hasil cetak yang tajam, detail, dan gradasi warna sesuai dengan aslinya.

Untuk mendapatkan hasil foto seperti itu, maka dibutuhkan printer foto yang memiliki resolusi cetak minimal 4.800 x 1.200 dpi. Semakin besar angkanya, semakin bagus hasil cetaknya.

6. Ukuran Foto

Ilustrasi ukuran foto

Apakah Anda selalu memposisikan ukuran foto yang dicetak sebagai hasil akhir dari pekerjaan Anda sebagai fotografer? Jika ya, maka sebaiknya Anda mencari printer foto yang mampu mencetak gambar minimal ukuran A3. Ukuran ini cukup ideal untuk mendapatkan hasil cetak yang detail dan tajam.

Namun, jika Anda hanya butuh sekadar mencetak tanpa mempermasalahkan ukuran, printer snapshot portabel boleh Anda pilih. Printer ini bisa segera mencetak foto meski ukurannya hanya 4×6 inci saja.

Sebagai informasi, berikut ukuran foto dalam standar ISO dan inci yang kami sarikan dari artikel Picmonkey.com.

Standar ISOPixelsUkuran Foto (Inci)Pixels
A09933 x 140433 x 5900 x 1500
A17016 x 99334 x 61200 x 1800
A24961 x 70165 x 71500 x 2100
A33508 x 49618 x 82400 x 2400
A42480 x 35088 x 102400 x 3000
A51748 x 24809 x 162700 x 4800
A61240 x 174811 x 143300 x 4200
A7874 x 124011 x 163300 x 4800

7. Teknologi Cetak

Saat ini ada berbagai cara untuk mencetak foto. Teknologi printer sudah semakin berkembang dengan berbagai pilihan yang sama kualitasnya. Seperti menggunakan inkjet, dye sublimation, atau zero ink (ZINK).

Untuk saat ini teknologi inkjet masih yang terdepan. Teknologi ini mampu menghasilkan hasil cetak dengan resolusi tinggi dan jernih. Gradasi warna dalam sebuah foto akan terlihat jelas dengan teknologi cetak ini.

Meski demikian, teknologi yang lain bukan berarti buruk. Teknologi zero ink menawarkan hal yang lebih segar. Anda tidak perlu dipusingkan dengan kondisi tinta yang sudah habis.

Teknologi ini diterapkan dalam semacam kertas khusus yang akan memberikan warna tertentu ketika Anda memasukkannya ke dalam printer.

8. Budget

Ini hal yang tak kalah penting. Anda boleh saja ingin punya printer sekelas Canon imagePROGRAF PRO-1000 yang harganya belasan juta rupiah, tapi jika budget yang dimiliki tidak mencukupi jangan memaksakan diri.

Carilah printer yang harganya sesuai budget tapi dengan kualitas yang tidak kalah jauh. Ingat, semakin tinggi performa sebuah printer foto maka akan butuh tinta dengan kualitas yang sama tinggi. Artinya akan ada biaya-biaya berikutnya yang tak kalah menguras isi kantong.

Dengan membeli printer yang sesuai budget, Anda akan terbantu dalam menekan biaya lanjutan yang kelak muncul.

9. Layanan Purnabeli

Jangan pernah sepelekan layanan purnabeli. Pastikan Anda mendapat kartu garansi resmi dari printer foto yang dibeli. Umumnya, garansi yang diberikan berdurasi selama satu tahun.

Layanan seperti ini akan sangat membantu Anda jika printer yang dibeli mengalami masalah. Jika masih ada dalam masa garansi, biaya yang dikeluarkan tidak akan besar. Bahkan bisa sama sekali tak perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaiki kerusakan.

Penutup

Sebuah printer foto terbaik akan bisa memberi hasil maksimal jika Anda melengkapinya dengan tinta orisinal. Kualitas bahan dari tinta orisinal akan mampu menghasilkan cetakan yang persis seperti yang Anda inginkan.

Hal tersebut tidak akan Anda dapatkan dari tinta nonorisinal. Karena itu, pastikan Anda selalu menggunakan tinta orisinal untuk mendapatkan hasil cetak foto yang terbaik.

Loading...

Artikel Terkait: