Review: LG G6, Smartphone Lengkap untuk Pecinta Media Sosial

Berita terbaru kali ini datang dari LG. Salah satu vendor terkemuka ini kembali merilis smartphone flagship terbaru penerus dari LG G5 yakni LG G6.

Melihat respon dari para konsumen LG G5 tidak terlalu memuaskan, LG G6 kali ini hadir dengan spesifikasi yang lebih menarik dari versi sebelumnya.

LG G6 tidak lagi memakai desain modular seperti LG G5. Ini dilakukan dengan harapan desain LG G6 akan tampil lebih menarik sesuai dengan minat para konsumen smartphone.

Selain itu, LG G6 juga dikabarkan akan hadir dengan kelengkapan Iris Scanning atau dikenal dengan teknologi pemindai mata seperti yang dimiliki Galaxy Note 7.

Desain

Desain LG G6 - Review LG G6
Gambar dari androidpit.com

Dilihat dari tampilan luarnya, LG G6 memang terlihat sudah meninggalkan desain modular seperti generasi sebelumnya.

Smartphone ini hadir dengan desain kaca seperti smartphone milik Samsung. Bagian belakang ponsel dikombinasikan dengan material metal sehingga membuat LG G6 ini tampil lebih premium.

Sementara jika dilihat dari ukuran body, pihak LG belum memberikan bocoran pasti mengenai detail dimensi serta bobotnya.

Hal yang bisa dipastikan dari LG G6 ini adalah akan hadir dengan bentangan layar seluas 5.3 inch yang dapat menghasilkan resolusi HD 1440 x 2560 pixels, kerapatan sampai 554 ppi.

Untuk perlindungan layarnya sendiri, LG G6 hadir dengan kelengkapan Corning Gorilla Glass 5, dan tampilannya juga semakin dipercantik dengan antarmuka LG Optimus UX 6.0 UI.

Untuk urusan keamanan, LG G6 sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint.

Dapur Pacu

Tidak hanya tampil dengan desain yang elegan, LG G6 juga dilengkapi dengan sektor dapur pacu yang ciamik.

Pasalnya, smartphone terbaru dari LG ini sudah memakai chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 830 yang disisipkan sebagai otak utama smartphone ini yang akan memberikan performa ekstra gahar.

Sementara itu, sektor RAM dibekali dengan kapasitas sebesar 6 GB yang akan semakin melengkapi aktivitas multitasking cepat dan responsif. Namun untuk urusan processor dan kartu grafisnya memang belum diterangkan dengan jelas oleh pihak LG.

Meski demikian, semua komponen yang ada dalam ponsel ini sudah dapat dipastikan akan berjalan dengan memakai sistem operasi Android v7.0 Nougat yang pastinya akan memberikan kinerja sangat baik ditambah dengan berbagai fitur baru yang ditawarkan.

Ruang Penyimpanan

Beralih ke sektor ruang penyimpanan, LG G6 hadir dengan dua versi memori internal yakni 64 GB dan juga 128 GB yang memungkinkan para pengguna untuk menyimpan berbagai file penting dengan lebih leluasa.

Belum lagi dengan penambahan memori eksternal microSD yang memiliki kapasitas mencapai 256 GB yang akan semakin memanjakan para pengguna untuk menyimpan lebih banyak file seperti video, lagu, game dan berbagai aplikasi menarik lainnya.

Namun, untuk LG G6 yang hadir hanya dengan fitur Dual SIM, Anda harus memakai slot SIM 2 apabila ingin menambah dengan slot microSD.

Kamera

Kinerja kamera LG G6
Gambar dari androidheadlines.com

Masuk ke sektor fotografi, LG nampaknya sangat memahami kebutuhan para pengguna media sosial tentang kamera yang menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah smartphone.

Oleh karena itu, LG G6 hadir dengan kelengkapan kamera spesifikasi tinggi yakni dengan dual kamera utama pada bagian belakang bodi yang beresolusi 16 MP lengkap dengan aperture f/1.8.

Selain itu, dual kamera juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung lainnya seperti LED Flash, laser autofocus dan juga OIS [3-axis].

Kamera utama pada LG G6 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HDR, 2160@30fps, 1080p 230fps serta stereo sound rec.

Sedangkan untuk bagian depan, LG G6 sudah dilengkapi dengan kamera sekunder beresolusi 12 MP lengkap dengan fitur:

  • touch focus, panorama
  • HDR
  • geo tagging
  • face or smile detection
  • 1/2.6” sensor size @ 29mm
  • 1/2.6” sensor size @ 12mm

Konektivitas

Sektor konektivitas LG G6 juga hadir dengan versi modern  yang terbilang paling cepat dan lengkap untuk saat ini.

Ponsel ini hadir dengan pilihan single SIM dan dual SIM yang bisa disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan para penggunanya.

Sedangkan untuk urusan akses internetnya sudah memakai teknologi 4G LTE yang bisa digunakan untuk download mencapai kecepatan maksimal 150 Mbps serta upload mencapai 50 Mbps.

Untuk akses jaringan 2G GSM serta 3G HSPA juga masih disematkan pada LG G6 yang bisa Anda gunakan saat berada di area luar jangkauan 4G LTE.

LG G6 juga hadir dengan fitur konektivitas jarak dekat lengkap seperti Hotspot dan WiFi yang bisa Anda gunakan untuk akses internet gratis.

Sementara untuk tukar data bisa memakai LE, Bluetooth v5.0, A2DP, aptX HD, USB v3.1, Type-C 1.0 reversible connector serta USB OTG.

Kemudian untuk sistem navigasi, LG G6 sudah dilengkapi dengan teknologi GLONASS, A-GPS dan juga BDS yang sangar akurat dalam pemetaan lokasi.

Baterai

Masuk ke sektor penyimpanan daya, LG G6 yang merupakan smartphone dari kelas premium ini sudah dipastikan memerlukan pasokan daya yang juga terbilang cukup besar.

Oleh karena itu, LG G6 sudah dilengkapi dengan baterai yang bersifat Non-Removable jenis Lithium Ion.

Sedangkan untuk kapasitas baterainya sendiri jika dilihat dari rumor yang beredar, akan dibekali dengan baterai kapasitas 4.200 mAh sehingga bisa mendukung segala kinerja dalam ponsel tersebut.

Tidak hanya itu, kelengkapan fitur fast charging akan membuat pengisian daya semakin cepat dan di klaim bisa mengisi daya sampai 83 persen hanya dengan waktu 30 menit saja.

Harga

Pilihan warna LG G6
Gambar dari androidcentral.com

Dilihat dari kelengkapan LG G6 yang sudah mengusung layar IPS LCD 5.3 inch, resolusi Quad HD, dan perlindungan layar Corning Gorilla Glass 5, tidak heran jika harga yang dibanderol ditujukan untuk konsumen kelas atas.

Terlebih lagi jika melihat sektor dapur pacunya yang dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 830 serta RAM 6 GB dan lini fotografi yang dilengkapi dengan dual kamera primer 16 MP dan kamera sekunder 12 MP.

Meskipun harga pasti dari LG G6 belum diumumkan secara resmi, namun jika dilihat dari kelengkapan spesifikasi yang di usung serta beberapa sumber yang kami dapatkan, LG G6 nantinya akan dibanderol dengan harga 688 Euro.

Jika smartphone ini dijual di pasar gadget tanah air, maka nominalnya kemungkinan sekitar Rp 10.134.000. Harga ini bisa dikatakan cukup fantastis dan tentunya tidak bisa dijangkau oleh semua segmen.

Akan tetapi, untuk Anda yang benar-benar ingin memiliki sebuah smartphone canggih dan premium lengkap dengan fitur modern di dalamnya, maka nominal tersebut bukanlah sebuah penghalang.

Penutup

Hadirnya LG G6 juga akan semakin meramaikan pasar gadget di kelas premium sehingga akan bersaing bersama perangkat flagship kepunyaan Samsung dan Apple.

Untuk Anda yang tertarik dengan LG G6, nampaknya harus sedikit bersabar sebab status dari LG G6 sampai saat ini masih sebatas rumor dan belum dapat dipastikan kapan waktu perilisannya.

Semoga ulasan tentang LG G6 ini bisa Anda jadikan referensi dalam memilih gadget terbaru idaman Anda.

Loading...

Artikel Terkait: