Review: Oppo F3, Paket Ciamik untuk Penggila Selfie dan Groufie

Oppo secara resmi merilis Oppo F3 di Indonesia pada awal Mei 2017 lalu. Smartphone ini merupakan varian mini dari Oppo F3 Plus.

Dengan flagship andalan “Selfie Expert”, sudah bisa dibayangkan jika salah satu keunggulan dari Oppo F3 adalah dari sektor kamera sekundernya yang canggih.

Oppo F3 dilengkapi dengan kemampuan handal serta fitur canggih pada lini fotografinya. Desain yang mewah serta visualisasi atraktif semakin melengkapi salah satu smartphone terbaru 2017 ini.

Belum lagi kemampuan dapur pacunya yang dibekali dengan komponen canggih sehingga bisa menghasilkan kinerja yang bisa diandalkan. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan Oppo F3 di bawah ini.

Desain

Desain bodi - Review Oppo F3
Gambar dari digit.in

Ulasan pertama adalah dari sektor desain serta tampilan visual dari Oppo F3.

Jika dilihat, tampilan bodi ponsel ini tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya yang terlihat slim dan compact.

Ini bisa dilihat dari dimensi yang diusung Oppo F3 yaitu panjang 153.3 mm, lebar 75.2 mm dan tebal 7.3 mm serta bobot yang hanya 153 gram.

Sehingga memudahkan Anda untuk membawa dan mengoperasikan ponsel ini.

Sementara untuk betangan layar yang diusung, Oppo F3 memiliki luas 5.5 inch resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan 401 ppi.

Tipe panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M warna juga membuat tampilan visual Oppo F3 semakin terlihat sempurna, jernih sekaligus tajam.

Untuk perlindungan layar, Oppo F3 memiliki lapisan kaca antigores Corning Gorilla Glass yang akan membuat ponsel ini aman dari benturan dan goresan pada saat pemakaian.

Teknologi 2.5D Curved Glass Screen juga sudah disematkan sehingga bagian tepi ponsel ini terlihat indah melengkung dan sporty.

Di bagian depan ponsel juga terdapat tombol home yang sudah terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari untuk kemudahan Anda dalam mengakses smartphone tersebut.

Performa

Masuk ke sektor performa, Oppo F3 tidak boleh dipandang sebelah mata karena kinerjanya spektakuler untuk kelas premium.

Ponsel ini dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653 yang berpadu dengan processot Octa-core [4×1.95 GHz Cortex-A72 & 4×1.44 GHz Cortex-A53].

Performa Oppo F3 juga semakin gahar berkat bekalan RAM sebesar 4 GB yang berguna sekali saat digunakan untuk multitasking.

Tak hanya itu, ada juga GPU Adreno 510 yang membuat tampilan grafis ponsel ini lebih halus dan tajam.

Ini semua sangat penting khususnya bagi Anda yang senang menonton video atau bermain games yang membutuhkan grafis tingkat tinggi.

Semuanya komponen canggih ini berpadu dengan sistem operasi Android Marshmallow sebagai platform utama dari sektor dapur pacunya.

Ruang Penyimpanan

Berlanjut ke sektor penyimpanan, Oppo F3 dibekali dengan ruang ekstra penyimpanan yakni dengan memori internal 64 GB.

Kapasitas sebesar ini bisa Anda gunakan dengan leluasa untuk menyimpan banyak file penting seperti video, foto, game, dan aplikasi.

Masih merasa kurang dengan ruang penyimpanannya?

Anda masih bisa memakai slot memori eksternal yang juga sudah disematkan yaitu microSD 256 GB. Dengan demikian, semua kebutuhan Anda untuk menyimpan data bisa semakin besar dan lega.

Kamera

Kamera Oppo F3
Gambar dari gsmarena.com

Lini fotografi menjadi bahan pertimbangan penting para pengguna smartphone saat ingin membeli gadget terbaru.

Tak heran, Oppo F3 dibekali kamera fantastis yang bisa diandalkan.

Untuk bagian kamera utama yang terletak di belakang ponsel, disematkan kamera resolusi 13 MP lengkap dengan fitur pendukung seperti OIS, autofocus, dan LED Flash.

Sementara untuk kamera selfie yang menjadi unggulan dari Oppo F3, disematkan dual kamera resolusi 16 MP dan 8 MP lengkap dengan sensor size.

Bekalan dari lini fotografi tentunya cocok bagi para penggila selfie, khususnya konsumen yang berjiwa muda.

Oppo F3 juga didukung beberapa fitur lain seperti:

  • geo tagging
  • touch focus
  • face or smile detection
  • 1/2.8″ sensor size
  • Panorama
  • HDR
  • kualitas merekam video (2160p@30 fps dan 1080p@30fps )

Kamera selfie ini bisa Anda gunakan untuk mengabadikan gambar dari sudut pandang 120 derajat sehingga cocok untuk group selfie (groufie).

Ada juga fitur beauty 4.0 yang membuat foto semakin berkualitas karena wajah akan terlihat lebih cantik dan kulit yang terlihat lebih cerah.

Konektivitas

Oppo F3 sudah dilengkapi dengan jaringan 4G Cat6 LTE. Ini membuat Anda bisa mendownload dengan kecepatan maksimal mencapai 300 Mbps serta upload 50 Mbps.

Dengan demikian, Anda tidak akan bosan menunggu lama karena koneksi internet berjalan lemot saat anda memakai ponsel terbaru dari Oppo ini.

Untuk kebutuhan Anda dalam komunikasi, Oppo F3 juga sudah dibekali dengan Dual SIM Card – NANO SIM yang bisa Anda gunakan secara bersamaan.

Fitur konektivitas lain yang disematkan dalam ponsel ini adalah WiFi Direct, WiFi, Dual Band, dan Hotspot.

Jika ingin transfer data antarperangkat, Anda bisa menggunakan microUSB, bluetooth, USB OTG, dan sistem navigasi A-GPS untuk pemetaan lokasinya.

Baterai

Baterai menjadi bagian penting dalam sebuah gadget sebab menjadi penyuplai daya utama supaya berbagai komponen di dalamnya bisa bekerja secara maksimal.

Oppo F3 dibekali dengan baterai bersifat non-removable jenis Li-Ion kapasitas 3.200 mAh yang akan mencukupi kebutuhan suplai daya komponen utama.

Selain itu, fitur yang disematkan berupa fast battery charging [VOCC Flash Charge] sehingga pengisian daya berjalan singkat.

Harga

Dari semua keunggulan yang ditawarkan (khususnya dari sektor kamera), Oppo F3 dibanderol Rp 4,4 juta, lebih murah dibandingkan dengan F3 Plus (Rp 6,5 juta).

Harga ini terlihat sepadan karena bekalan spesifikasi yang disematkan dalam Oppo F3 juga berkualitas.

Penutup

Untuk Anda yang sedang mencari ponsel terbaru dengan kamera selfie tangguh dan bisa diandalkan, Oppo F3 bisa menjadi pilihan terbaik.

Anda bisa mendapatkan smartphone ini di berbagai toko resmi dari Oppo atau beberapa toko online terpercaya saat ini.

Loading...

Artikel Terkait: