10 YouTuber Terkaya di Dunia

Saat YouTube mulai diperkenalkan Google pada 2005, nyaris tak pernah ada yang memprediksi bahwa media sosial ini bisa menjadi lahan untuk mendapatkan penghasilan.

Hingga beberapa tahun kemudian, YouTube hanya berfungsi sebagai media berbagi video para penggunanya.

Tapi kini, YouTube sudah berubah menjadi lahan yang bisa dijadikan mata pencaharian. Para YouTuber ini mengunggah berbagai video menarik dan kreatif yang mengundang banyak pengikut.

Dari sanalah kemudian mereka mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang fantastis. Sumbernya dari Google AdSense dan iklan mandiri (misalnya endorsement suatu produk atau jasa).

Disebut fantastis, karena para YouTuber terkaya yang ada saat ini bisa punya penghasilan tahunan hingga ratusan miliaran rupiah. Mengalahkan gaji seorang direksi di perusahaan multinasional berskala global.

Pingin tahu siapa saja YouTuber tajir di dunia saat ini? Berikut daftarnya.

1. Daniel Middleton (DanTDM)

Foto Daniel Middleton - Youtuber terkaya di dunia

Inilah YouTuber terkaya, nomor satu di dunia. Penghasilan sebesar 16,5 juta dollar AS atau Rp 222 miliar mampu diraup oleh Daniel Middleton dalam satu tahun.

YouTuber berusia 26 tahun ini fokus pada game “Minecraft” dan rutin me-review game-game lain dengan gaya bertutur yang santai. Channel YouTube-nya yang bertajuk “DanDTM” telah mampu menghimpun 17 juta subscribers berusia 5-10 tahun.

Lahir pada 8 November 1991, Daniel tidak pernah bermimpi bisa menjadi seperti saat ini. Dia hanya pintar memanfaatkan peluang ketika YouTube sangat berkembang dalam lima tahun terakhir. Saat itulah dia memutuskan untuk menjadi YouTuber.

Ia kini menjadi terkenal di dunia berkat online games yang juga menjadi bagian dari kehidupan jutaan anak muda di dunia.

2. Evan Fong (VanossGaming)

foto Evan Fong

YouTuber asal Kanada ini punya penghasilan setahun mencapai 15,5 juta dollar AS atau setara Rp 201,9 miliar. Evan Fon alias “VanossGaming” pria juga menjadikan game sebagai “jualan” utamanya di YouTube.

Ia menggunggah video komedi yang memperlihatkan reaksinya ketika bermain video game.

Meski sukses di YouTube sebagai seorang gamer, masa kecil Evan Gong sebenarnya tidak banyak bermain video game. Ia lebih tertarik pada olahraga hoki es dan mengejar beasiswa pada bidang atletik.

Awalnya YouTube dijalaninya hanya sekadar hobi. Setelah kreasinya pada 2011, channel YouTube miliknya ternyata langsung terkenal dalam tempo 1,5 tahun.

Terutama setelah ia mengunggah video serial “Call of Duty: Black Ops II funny moments” channel YouTubenya makin menarik banyak subscriber.

3. Dude Perfect

Foto Cory Cotton dan Coby Cotton

Si kembar Cory Cotton dan Coby Cotton yang dikenal dengan nama “Dude Perfect” merupakan orang yang sukses berkat YouTube.

Andalan mereka adalah memperlihatkan trik dan tips dan hal lain terkait dengan balutan guyonan. Serial yang dirilis di channel YouTube mereka di antaranya ‘Stereotypes’ dan ‘Overtime’.

Dude Perfect mampu memecahkan rekor dunia, berkat memiliki lebih dari 4,5 juta viewer dan 26 miliar subscriber pada Januari 2018. Membuat mereka menempati peringkat ke-13 dalam jajaran channel paling banyak di-subscribe dan channel olahraga paling terkenal di YouTube.

Dengan jumlah subscriber yang melimpah ruah, si kembar ini berhasil meraup 14 juta dollar AS atau Rp189 miliar selama setahun. Tidak mengherankan dengan penghasilan ini mereka masuk dalam daftar 10 YouTuber paling tajir di dunia.

4. Logan Paul

Foto Logan Paul

Logan Paul tak lain adalah kakak dari aktor dan YouTuber kondang, Jake Paul.

YouTuber yang memiliki konten vlog sehari-hari dengan  nuansa komedi ini memiliki 14 juta subscriber dan meraup penghasilan 12,5 juta dollar AS atau Rp 168 miliar.

YouTuber asal Amerika Serikat ini sempat vakum lantaran video yang diunggahnya pada akhir tahun 2017, soal bunuh diri, menjadi kontroversi dan mendapat kritikan tajam dari netizen.

Belajar dari kesalahan dan ingin memperbaiki citra dirinya, Logan Paul akhirnya kembali dengan video terbarunya setelah vakum selama tiga minggu.

Lewat video terbarunya yang berjudul ‘Suicide: Be Here Tomorrow’ Logan memberikan konten yang lebih positif, memberikan edukasi tentang pencegahan bunuh diri.

Ia pun mengucapkan maaf melalui vlog pribadinya dan menyesali perbuatannya.

5. Mark Fischbach (Markiplier)

foto Mark Fishbach

Dengan pendapatan setahun mencapai 12,5 juta dollar AS (Rp 168 miliar), nama Mark Fischback atau dikenal dengan “Markiplier” mencuat sebagai salah satu YouTuber terkaya di dunia.

Ia membawakan walkthrough berbagai video game dengan gaya energik sehingga bisa mendapatkan 18 juta subscriber.

Mark pun mengumpulkan banyak gelar terkenal seperti American YouTube Star hingga menjadi bintang “Let’s Play” melalui channel YouTube “MarkplierGAME’.

Ia mengunggah aksinya saat bermain video game, horor dan indie games, serta video komentar-komentarnya tentang video game.

Mark mengaku belum cukup puas dengan apa yang telah dicapainya saat ini. Untuk lebih meningkatkan kemampuannya dalam membawakan video game, Mark akan mencoba belajar musik serta akting.

6. Felix Kjellberg (PewDiePie)

foto Felix Kjellberg

YouTuber tajir PewDiePie yang bernama asli Felix Kjellberg dikenal kerap berteriak-teriak ketika bermain game dan melontarkan guyonan yang menggelitik.

Komentator video kontroversial asal Swedia ini sukses menghimpun 58 juta subscriber pada channel YouTube “PewDiePie”. Berapa penghasilannya selama setahun? Mencapai 12 juta dollar AS atau sekitar Rp 162 miliar.

Felix berhenti dari kuliahnya di Universitas Teknologi Chalmer untuk memfokuskan diri di bidang Internet. Pilihannya ini ternyata tidak sia-sia.

Dia dikenal sebagai selebriti YouTube dengan 60 miliar subscriber. Felix pun terpilih sebagai Most Popular Gaming Web Star pada Teen Choice Award 2014. Pada 2016 namanya masuk dalam 100 orang berpengaruh di dunia versi Majalah Time.

Sayang, awal 2018 ini YouTube dan Disney menghentikan kerjasama dengan Felix karena konten videonya dianggap bermasalah, mengandung unsur yang kurang pantas.

Meski demikian YouTube tetap mempersilakan dia untuk memanfaatkan platform berbagi video tersebut.

7. Jake Paul

Foto Jake Paul

YouTuber tajir berikutnya adalah Jake Paul. Dengan mengunggah beragam video dengan konten komedi, musik, dan hal-hal menyangkut pop culture, Jake berhasil meraup penghasilan sebesar 11,5 juta dollar AS (Rp 155 miliar).

Memulai karier pada September 2013, Jake memposting video pertamanya pada Vine. Saat Vine dimatikan, Jake telah memiliki 5,3 juta followers dan 2 miliar video Vine.

Pada tahun 2015, ia masuk ke dalam kancah perfilman dan memerankan karakter “Dirk” dalam salah satu film produksi Disney.

Pada Mei 2017 Jake berkolaborasi dengan tim 10 merilis lagu “It’s Everyday Bro”. Lagu ini berhasil menempati peringkat ketiga video yang paling disukai di YouTube dengan 70 juta penonton.

Sayangnya, pada Juli 2017 Jake dilaporkan ke polisi oleh para tetangganya karena membuat kebisingan. Selain itu, beredar isu bahwa ia akan meninggalkan film seri Bizaardvark yang sempat melambungkan namanya.

8. Ian Hecox dan Anthony Padilla (Smosh)

Foto Ian Hecox dan Anthony Padilla

Duo pelawak, Ian Hecox dan Anthony Padilla, merupakan salah satu perintis video komedi di YouTube yang mengusung bentuk parodi video game dan pop culture.

Padilla mengawali karier sebagai YouTuber dengan akun Smosh pada 2003 dengan mengunggah film-film Flash di Newgrounds. Pada 2005 Ian Hecox pun bergabung.

Smoosh pun menjadi saluran terpopuler pada Januari 2013. Pada Juli 2013 berhasil mendapatkan 11,1 juta subscriber.

Ada enam saluran Smoosh di YouTube yang memiliki konten terjadwal. Salah satu YouTuber terkaya ini juga memproduksi video animasi,  video berbahasa Spanyol, dan video seputar game.

Pada Juni 2017 Anthony Padilla membuat akun sendiri dan meninggalkan Smoosh. Meski menjalankan Smoosh seorang diri, Hecox masih mampu meraup keuntungan sebesar 11 juta dollar AS atau Rp 14,8 miliar setahun.

9. Ryan Toys Review

Foto Ryan Toys Review

Baru berusia 6 tahun namun telah memiliki penghasilan mencapai 11 juta dollar AS atau setara dengan Rp 148 miliar, membuat Ryan masuk dalam daftar YouTuber paling kaya di dunia.

Ryan me-review mainan-mainan anak dengan tingkah yang menggemaskan dan alami tanpa dibuat-buat. Review mainan yang kemudian diunggah ke YouTube ini sukses mengundang perhatian banyak netizen.

Semua berawal ketika orang tua Ryan rajin merekam aksi bocah ini membuka bungkus mainan, bermain, dan “mengulas” mainan-mainan itu.

Video berdurasi 15 menit saat Ryan bermain dan membicarakan tentang kereta api dari Lego Duplo diunggah ayahnya ke YouTube dengan nama Ryan’s Family Review, kemudian diubah menjadi Ryan Toys Review.

10. Lily Singh

Foto Lilly Singh

Lahir dan besar di Scarborough, Toronto pada 26 September 1988, Lily dan kakaknya mewarisi marga Singh dari orang tuanya yang berimigrasi dari Punjab India ke Kanada.

Lily adalah seorang yang sangat terbuka, ekstrovert, yang suka menjadi pusat perhatian, seperti yang disampaikannya kepada AOL pada 2016 lalu.

Beranjak dewasa, Lily ingin menjadi jagoan seperti tokoh Power Rangers atau penyanyi rap. Namun orangtuanya mengarahkannya untuk kuliah di jurusan psikologi, Universitas York Toronto. Mereka berharap Lily dapat menjadi psikiater.

Namun takdir berkata lain. Lily kini justru sukses menjadi YouTuber. Sketsa komedi, video usil, hingga film berjudul Trip to Island Unicorn adalah beberapa konten yang dibuat oleh Lily Singh.

YouTuber yang satu ini berhasil meraup subscriber sebanyak 12,7 juta orang melalui Channel  YouTube “IISuperwomanII”. Dengan subscriber sebanyak itu ia mampu memiliki penghasilan sebesar 10,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 141,8 miliar setahun.

Penutup

Menjadi YouTuber adalah sebuah pilihan karier yang baru muncul sekitar 5 tahun terakhir. Jika mampu membuat konten menarik atau menggelitik, Anda dipastikan akan mendapat penghasilan yang gila-gilaan.

Tak heran kesepuluh orang di atas mampu menjadi YouTuber terkaya dengan penghasilan ratusan miliar per tahun.

Namun, semuanya tetap butuh kerja keras dan konsistensi yang sangat kuat. Ditambah kesabaran dan kreativitas tanpa batas, maka para YouTuber ini pun mampu mendulang uang dengan sangat gemilang.

Loading...

Artikel Terkait: