12 Fakta Menarik Tentang YouTube yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Siapa yang hari ini tak kenal YouTube? Bagi mereka yang setiap hari tak bisa lepas dari gadget atau smartphone, pasti akrab dengan media sosial berbagi video terpopuler sedunia ini.  Beragam informasi, dari mulai yang real sampai hoaks, tersedia di YouTube.

YouTube bisa dibilang menjadi acuan utama untuk mencari hiburan dan tutorial. Terkait tutorial, penjelasan yang disusun dalam bentuk video lebih mudah dipahami dibanding sekadar tulisan biasa. Karena itulah YouTube sangat digandrungi masyarakat.

Meski mungkin sering menggunakannya, boleh jadi Anda belum mengetahui secara mendalaman soal YouTube ini. Padahal ada banyak fakta menarik tentang YouTube yang patut Anda ketahui. Bahkan mungkin sebagian besar fakta ini belum banyak diketahui umum.

1. Didirikan oleh Tiga Mantan Karyawan PayPal

Fakta menarik tentang YouTube
Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim

Tahukah Anda jika YouTube didirikan oleh eks karyawan platform keuangan elektronik, yaitu PayPal? Pada 2004, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim memutuskan keluar dari PayPal untuk membuat sebuah gebrakan baru.

Mereka menciptakan situs kencan yang disebut “Tune in, HookUp” yang bisa membuat seseorang memperlihatkan video buatannya  dan membagikan kepada orang lain.  Kemudian orang lain dapat memutuskan apakah tetap menjalin hubungan atau tidak dengan pengunggah video tersebut.

Sayangnya konsep mereka kurang menarik masyarakat saat itu. Namun kemudian, ketiganya melakukan perombakan dari konsep awal.

Hingga pada 14 Februari 2005 “Tune In Hook Up” resmi berganti menjadi “YouTube” dan lahirlah fenomena internet dunia.

2. Video Pertama yang Diunggah

Momen penting bagi YouTube terjadi pada 23 April 2005. Untuk pertama kali dalam sejarah, video pertama diunggah dan dapat dilihat oleh umum melalui YouTube.

Video berdurasi 19 detik ini berjudul “Me at The Zoo” bercerita soal Jawed Karim, penemu You Tube, yang berdiri di depan kandang Gajah di sebuah kebun binatang.

Sebagai catatan, video ini masih dicari oleh banyak orang di YouTube hingga saat ini. Telah mencapai lebih dari 40 juta viewers dan 1 juta likes.

Lima bulan kemudian, September 2005, video promosi perusahaan Nike yang memperlihatkan skill bintang sepakbola Brasil, Ronaldinho, melakukan juggling bola, menjadi video YouTube pertama yang dilihat jutaan kali.

Sejak itu, You Tube semakin berkembang dan mulai menghasilkan uang.

3. Dibeli Google Seharga 1,65 Miliar Dolar AS

Kepopuleran YouTube membuat banyak investor melirik. YouTube dinilai sebagai platform baru yang mampu mendulang uang.

Salah satu yang tertarik adalah raksasa internet, Google. Pada 9 Oktober 2006, Google membeli YouTube seharga 1,6 miliar AS. Google menganggap pembelian ini sebagai “langkah menuju evolusi internet”.

Fakta menarik tentang YouTube ini menunjukkan kalau media berbagi video ini sudah sangat valuable. Pada tahun 2007, You Tube membuat program YouTube Partner. Program ini menawarkan perusahaan provider untuk bekerjasama dan mendapatkan keuntungan dari kepopuleran YouTube.

4. Google Menambahkan Iklan

Di tahun yang sama, Google memutuskan untuk menambahkan iklan di dalam konten YouTube.  Walaupun banyak yang merasa terganggu dengan perubahan ini, keputusan Google untuk membagi keuntungan melalui iklan dengan provider membuka pandangan baru mengenai kualitas dan orisinalitas konten.

Ini merupakan bagian dari upaya untuk mempertahankan penonton YouTube. Faktanya, dalam tahun-tahun selanjutnya penonton YouTube semakin meningkat sampai menjadi tren hingga saat ini.

5. Gangnam Style Memecahkan Rekor 2 Miliar View

Gangnam Style

YouTube patut berterima kasih kepada Psy. Berkat artis Korea Selatan ini, nama YouTube makin mendunia. Video klip Gangnam Style yang diunggah sekitar enam tahun lalu tak hanya membuat nama Psy mendunia, tapi juga menorehkan catatan emas di YouTube.

Psy menarik perhatian dunia dengan gaya menari seperti menunggang kuda disertai setelan tuxedo dan kaca mata hitam. Dengan lirik “hey, sexy lady!” di dalam video, Psy mencatatkan rekor 2 miliar view dalam waktu kurang dari dua tahun sejak di-upload.

Berkat video Gangnam Style, YouTube pun  bisa merayakan satu miliar view pertama mereka sepanjang sejarah.

6. Lebih dari 1,5 Miliar Pengguna Aktif Per Bulan

Satu fakta menarik tentang YouTube yang tak bisa diabaikan adalah jumlah pengguna aktif (login di YouTube) per Juni 2017. Dalam data tersebut YouTube disebutkan memiliki 1,5 miliar pengguna aktif tiap bulannya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa YouTube paling banyak memiliki penggemar dalam kategori video di internet.

Dari semua media sosial yang ada saat ini, YouTube menempati posisi kedua. Berada di bawah Facebook yang punya 2 miliar pengguna aktif per bulan. Namun masih berada di atas Instagram dengan 700 juta pengguna aktif per bulan.

Grafik Pengguna aktif media sosial bulanan

Dari total 1,5 miliar tersebut, penggemar YouTube didominasi laki-laki yang mencapai 62% dengan rentang usia 25-44. Sedangkan wanita yang menggemari YouTube persentasenya hanya 38%.

7. Lebih dari 500 Jam Video Diunggah Setiap Menitnya

Dengan jumlah pengguna aktif 1,5 miliar per bulan, tak heran jika dalam hitungan satu menit ada 500 jam video yang diunggah. Umumnya video terpendek hanya berupa trailer film dengan durasi 1 menit 47 detik dan video terpanjang dalam bentuk full film berdurasi 1 jam 33 menit 33 detik.

Sisanya terbagi dalam kategori video berdurasi di bawah 10 menit, yaitu video-video tentang:

  • science dan teknologi (3 menit 24 detik)
  • hewan piaraan dan binatang liar ( 4 menit 47 detik)
  • komedi (5 menit 18 detik)
  • kendaraan dan otomotif (6 menit 32 detik)
  • musik (6 menit 38 detik)
  • olahraga (7 menit 10 detik)
  • gaya hidup dan tips (7 menit 22 detik).

8. 1 Miliar Jam YouTube Ditonton Setiap Hari

Pengguna aktif YouTube memang masih kalah bila dibandingkan dengan Facebook. Namun YouTube paling sering ditonton dengan total durasi mencapai 1 miliar jam setiap harinya. Sementara pengguna Facebook hanya menghabiskan waktu sekitar 35 menit per hari.

Ketika pengguna Instagram menghabiskan waktunya untuk melihat foto-foto unggahan hanya 15 menit per hari, pengguna YouTube mampu menghabiskan 40 menit setiap harinya hanya untuk menonton video atau mendengarkan musik favorit mereka.

Konten-konten yang diunggah ke YouTube paling banyak adalah tentang People dan Blogs yang mengisi sekitar 40%. Uniknya, video-video musik yang dipercaya menjadi konten yang paling banyak dicari dan membesarkan nama YouTube, ternyata hanya mengisi 5% dari keseluruhan konten yang diunggah.

9. Video Musik yang Paling Banyak Dicari

Tak dipungkiri video musik merupakan fakta menarik tentang YouTube. Di tahun 2017, konten tentang musik paling banyak dicari oleh para pengguna YouTube, dengan pencapaian volume pencarian sebesar 789 juta.

Setelah musik, konten berikutnya yang dicari adalah lagu dengan 453 juta volume pencarian.

Posisi berikutnya berturut-turut adalah konten mengenai permainan yang sedang booming Mine Craft (83,4 juta), Film (34 juta), Funny Scary Prank (23 juta), video anak-anak (22,2 juta), dan yang sedikit diminati adalah Funny Prank Video (11,7 juta).

10. 5 Selebriti dengan Subscriber Terbanyak

Justin Bieber
Justin Bieber

Tak dipungkiri juga jika banyak selebriti yang mampu meroket berkat YouTube. Selebriti yang populer di YouTube juga secara tidak langsung turut menyumbang jumlah viewers YouTube. Di mana 5 peringkat teratas terpopuler semuanya diraih oleh para penyanyi .

Data hingga 21 Maret 2018, posisi pertama selebriti ditempati oleh penyanyi pop terkenal Justin Bieber dengan jumlah subscriber 34,524,962. Semua berita tentang penyanyi yang satu ini menjadi  yang paling dicari oleh penggemarnya di You Tube.

Selebriti kedua adalah Katy Perry dengan 26.817.604 subscriber. Diikuti selanjutnya oleh Taylor Swift 28.123.669 subscriber, Rihanna 26.722.684 subscriber, dan Shakira dengan 19.636.100 subscriber.

11. Rekor Gangnam Style Tumbang

Setelah 5 tahun bercokol sebagai video paling banyak dilihat di YouTube dengan catatan 2,8 juta view, video klip Gangnam Style akhirnya tumbang dan tergeser ke posisi ketiga dengan kenaikan viewer menjadi 2,9 miliar.

Posisi puncak digantikan oleh video klip lagu Despacito yang dibawakan Louis Fonsi yang sudah lebih dari 3,5 miliar kali ditonton di YouTube.

Sementara posisi kedua ditempati oleh Video klip lagu See You Again yang dirilis pada April 2015 oleh penyanyi Wiz Khalifa feat. Charlie Puth dengan viewers mencapai 3 miliar.

12. Daniel Middleton, YouTuber Paling Tajir 2017

Tak hanya memberi manfaat bagi perusahaan (Google), YouTube juga kini menjadi ladang uang bagi mereka yang kreatif. Ya, menjadi YouTuber kini sudah menjadi profesi yang mampu memberikan kehidupan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Jika Anda tak percaya, bisa melihat hasil yang mampu diraih Daniel Middleton. Pria asal Amerika Serikat ini menjadi YouTuber paling tajir pada 2017. Mau tahu penghasilannya? Mencapai 16,5 juta dollar AS atau setara 222 miliar rupiah hanya dalam tempo satu tahun.

Dengan me-review game Minecraft dan sejumlah game lainnya, Daniel mampu menghimpun 17 juta subscribers dengan rentang usia 5-10 tahun. Usia yang memang tengah menggandrungi game sebagian rutinitas keseharian mereka.

Penutup

Itulah sejumlah fakta menarik tentang YouTube yang mungkin belum banyak diketahui, termasuk oleh Anda. YouTube yang menjadi sumber hiburan, ternyata juga kini bisa muncul sebagai sumber penghasilan. Bahkan angka pendapatannya bikin orang tergiur.

Namun, tentu saja tetap harus ada kerja keras dan komitmen untuk bisa menjadi YouTuber sukses seperti Daniel Middleton. Anda tertarik untuk menjadi YouTuber?

Loading...

Artikel Terkait: